Sandiaga Uno Sebut Pelaku UMKM Sebagai Pahlawan Ekonomi Nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi pelaku usaha UMKM yang gemar berinovasi. Foto/Net

POSSINDO.COM, Nasional – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) disebut memiliki peran yang penting bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sampai menyebut jika pelaku UMKM yang ada di Indonesia saat ini merupakan pahlawan ekonomi nasional.

“Karena keberadaan mereka bisa ikut membuka peluang usaha dan menyerap banyak lapangan kerja. Terlebih target nasinal untuk membuka lapangan kerja di tahun 2024 adalah 4,4 juta lapangan kerja baru akan terbantu dengan kuatnya sektor UMKM kita,” ungkap Sandiaga Uno saat kegiatan di Jogyakarta, 17 Desember tadi.

Dilanjutkan Sandiaga Uno, keberadaan pelaku UMKM hingga bisa survive saat ini karena para pelaku sektor usaha tersebut selalu berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. Bahkan banyak UMKM yang sudah terdigitalisasi atau on boarding di platform e-commerce.

“Jumlahnya sudah ada sekitar 20 juta dari target sebesar 30 juta sampai awal 2024. Meski begitu kita juga akui pada 2023 nanti akan menjadi masa sulit UMKM karena berbagai factor. Salah satunya karena krisis pangan dan krisis global,” ungkap Pria yang dikenal sebagai pengusaha muda ini.

Namun dirinya cukup yakin, pelaku UMKM akan bisa bertahan karena selalu menghadirkan inovasi dan mau berkembang. Dirinya menyebut seperti kasus Pandemi yang dulu sempat menghantam banyak sektor pelaku usaha. Namun saat itu beberapa umkm terus melakukan inovasi dan mampu bangkit, meskipun banyak juga yang terdampak. ( Redaksi)

Sumber : Net



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال