Tiga Pilar Siap Sukseskan Perayaan Pergantian Tahun 2023 Di Jakarta

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat mengikuti rapat tiga pilar di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada (30/12/2022) Jumat tadi.

POS SINDO.COM, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengungkapkan, dalam rapat teknik dan koordinasi finalisasi persiapan menghadapi rangkaian perayaan malam puncak pergantian tahun baru 2023. Tiga pilar tengah bersinergi untuk melakukan pengamanan dan mensukseskan kegiatan tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, rapat ini dilaksanakan di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada (30/12/2022) Jumat tadi. Turut dihadiri instansi terkait lainnya antara Pemprov DKI Jakarta, TNI dan POLRI.

"Saya ucapkan terima kasih Pak Kasdam, Pak Kapolda. Tiga Pilar tentunya siap untuk menyukseskan acara tutup tahun 2022 menyambut tahun baru 2023. Tentunya, pada perayaan malam tahun baru kali ini, Pemprov DKI Jakarta akan memfasilitasi warga Jakarta dan sekitarnya untuk merayakan malam pergantian tahun," ucap Heru Budi Hartono, di kutip dari laman resmi PPID DKI Jakarta.

Dirinya mengimbau, untuk masyarakat daerah setempat dalam perayaan pergantian tahun ini agar bisa menghindari potensi terjadinya rawan kebakaran. Seperti tidak menyalakan kembang api atau petasan di tempat perumahan dan pemukiman padat.

"Kami mengimbau masyarakat yang ingin ikut perayaan untuk tetap menjaga kebersihan, menjaga kesabaran. Jika ada titik-titik lokasi perayaan tahun baru yang memang sangat padat, tentunya harus saling memahami. Sehingga, semuanya bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

"Sudah kami bahas semuanya dan kami melalui Satpol PP, Dinas Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan OPD terkait lainnya, turun semua. Kami pastikan semua pelayanan berjalan dengan baik, termasuk kesehatan," ujar Heru Budi Hartono.

"Saya juga sudah minta Kadis Kesehatan untuk menyiapkan RSUD-RSUD rujukan. Tadi juga diimbau oleh Pak Kapolda, kami akan turunkan di titik-titik tertentu untuk pelayanan kesehatan, di lokasi-lokasi yang rawan. Rute-rute untuk pelayanan Transjakarta, MRT sudah kami maksimalkan," tukasnya.

Sementara, Kapolda Metro Jaya, M. Fadil Imran menyampaikan bahwa unsur Tiga Pilar di wilayah DKI Jakarta, yakni Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta bersama-sama akan mengerahkan kekuatan personel gabungan guna memastikan pengamanan malam tahun baru 2023.

"Baru saja kami, Pak Pj Gubernur, dan Pak Kasdam mewakili Pangdam melaksanakan pengecekan akhir tentang kesiapan pengamanan malam tahun baru di wilayah hukum Polda Metro Jaya, baik yang Jakarta maupun aglomerasi," ucap M. Fadil.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa hal penting yang menjadi penekanan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta. Seperti menyesuaikan titik-titik perayaan malam pergantian tahun yang dianggap rawan bencana. Seperti melakukan pengamanan di jalan-jalan umum yang sering terjadinya gangguan kemacetan, kerawanan timbulnya gesekan perkelahian, potensi terjadinya bencana alam banjir, dan gangguan kamtibmas.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, mari kita rayakan malam tahun baru ini dengan gembira, tapi tidak berlebihan. Kita merayakan dengan penuh kegembiraan, tapi juga harus melihat sisi-sisi kemudharatannya. Jadi, kami melarang penggunaan petasan dan kembang api di Sudirman-Thamrin. Taati, ikuti informasi dan arahan dari petugas Polri, TNI, Pemprov DKI yang akan melayani masyarakat di malam pergantian tahun," tegasnya. (Arief Suseno) 

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال