Tingkatkan Harga Karet, DKP3 Kabupaten Balangan Gelar FGD

Untuk mendorong naiknya harga Bokar, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menggelar Fokus Group Discussion (FGD, Kamis (8/12/2022) tadi. Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menggelar Fokus Group Discussion (FGD) Pemasaran Bahan Olah Karet (Bokar) Petani Balangan P2HPBun, di Aula Araudah Resto dan Water Park Paringin, Kamis (8/12/2022) tadi.

Bupati Balangan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung untuk pembangunan produksi karet, salah satunya dalam aspek penanganan pasca panen untuk mensejahterakan petani dan para pengusaha di bidang karet.

"Kita ingin ada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani karet sehingga dapat kita harapkan berdampak positif terhadap semua pelaku usaha maupun perekonomian daerah. Dalam hal ini pemerintah daerah sangat berharap dukungan dari semua pihak baik dari pemerintah, swasta, perbankan dan masyarakat agar hal tersebut dapat berjalan,” ujarya.

Tuhalus Kepala DKP3 Kabupaten Balangan menyampaikan saat ini pihaknya tengah mengusahakan peningkatan harga karet di Balangan hingga 7.800 - 8.000 ribu rupiah perkilo, sehingga tidak jauh berbeda dari harga di pabrik yaitu 9.800 - 10.000 ribu rupiah perkilo.

"Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini bisa mendekatkan dan menaikkan harga di petani meskipun harga ini masih tergantung pada kekeringannya dan kualitasnya. Untuk itu kita meminta jalinan kerjasama yang baik antar pemerintah daerah dan para pabrik karet sehingga dapat meningkatkan harga karet serta mencegah terjadinya penurunan harga beli karet,” katanya lagi. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال