Tingkatkan Pertanian Organik, AOI Gelar Diskusi Publik Pangan Berkelanjutan

Diskusi publik yang di gelar oleh Aliansi Organis Indonesia (AOI) di Teraskita Hotel Jakarta, pada (13/12/2022) Selasa tadi. Foto: Dok/AOI

POSSINDO.COM, Jakarta - Demi meningkatkan kestabilan pangan di negeri ini, khususnya dari hasil bidang pertanian organik. Aliansi Organis Indonesia (AOI) menggelar diskusi publik di Teraskita Hotel Jakarta, pada (13/12/2022) Selasa tadi.

Pada kegiatan tersebut, turut menghadirkan beberapa narasumber yakni dari Kementerian Pertanian (Kementan), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Badan Pangan Nasional (BAPANAS), dan pemerhati lingkungan lainnya. Diketahui bahwa diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun keberagaman perspektif dan diharapkan bisa menghasilkan narasi yang lebih lengkap, tentang upaya pembangunan pangan berkelanjutan.

Presiden Aliansi Organis Indonesia (AOI), Emilia Setyowati mengungkapkan, bahwa krisis pangan menjadi momok yang mengkhawatirkan di seluruh dunia. Seiring dengan meningkatnya populasi penduduk, dan terbatasnya lahan sumber daya alam, dan krisis iklim yang terjadi diseluruh dunia.

Menurutnya, krisis pangan bukan hanya tentang ketersediaan pangan tapi juga tentang kualitas pangan. Pertanian organik memiliki peran dan kontribusi dalam menyediakan pangan yang berkualitas dan memastikan sistem pangan berkelanjutan.

"Pertanian organik setidaknya memiliki empat prinsip utama yang selaras dengan prinsip pembangunan berkelanjutan antara lain prinsip kesehatan, prinsip ekologi, prinsip keadilan, dan prinsip perlindungan. Pangan organik bukan hanya lifestyle segelintir orang, tapi jadi kesadaran bersama untuk pangan dan planet yang berkelanjutan,”
tukas Emilia Setyowati,

Sementara itu, Koordinator Pangan dan Pertanian Direktorat Pangan dan Pertanian (BAPPENAS) Noor Avianto, menyatakan ada dua aspek penting yang bisa dibangun dalam roadmap pertanian organik. Dalam rencana pembangunan ketahanan pangan Indonesia yang holistik, yaitu aspek harga untuk petani dan juga aspek pemasaran dari masyarakat. 

"Pertanian organik juga menjadi bagian dari regenerative food system dan mendorong tumbuhnya ekonomi sirkular," tandasnya. (Arief Suseno)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال