Tutup Tahun, Warga Desa Pilang Gelar Salamatan Kampung dan Tolak Bala Dengan Ritual Adat Dayak

 

Warga Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya, Pulang Pisau pada Jumat, (30/12/2022) tadi menggelar Acara Salamatan Kampung dengan ritual adat dayak. Foto/IST


POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Masyarakat Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya, Pulang Pisau menggelar Ritual selamatan kampung dan tolak bala dengan ritual adat dayak di dibalai Basarah Desa Pilang, pada jumat (30/12/2022) tadi.

Kegiatan tersebut merupakan tradisi Dayak ngaju yang berasal sejak leluhur dan terus rutin dilakukan setiap akhir tahun oleh warga Desa Pilang. Tujuannya agar terhindar bala bencana dan segala penyakit. Dalam upacara tahun ini, pihak panitia kembali menyembelih beberapa hewan mulai kerbau, babi dan ayam.

Dalam kegiatan tersebut hadir beberapa dari perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Jabiren Raya, para Damang, mantir adat serta Kades dan perangkat Desa Pilang. Sementara itu, mewakili Bupati Pulang Pisau hadir Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra Edy Purwanto Casmani.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra Edy Purwanto Casmani nampak berbincang dengan panitia kegiatan salamatan kampung, Jumat (30/12/2022).Foto/IST

 “Pemerintah daerah memberikan apresiasi pada pihak desa dan panitia pelaksana. Karena kita lihat desa pilang ini rutin melaksanakan tiap tahun kegiatan yang menjaga akan kearifan lokal dan budaya leluhur yang harus dilestarikan,” ucap Edy Purwanto Casmani dalam sambutannya.

Dikatakan dirinya lagi, atas nama pemkab Pulang Pisau berharap melalui kegiatan tersebut bisa semakin memperkokoh jalinan silahturahmi dan kerukunan antar warga. Bahkan kedepan kegiatan tersebut bisa semakin semarak karena merupakan wujud regenerasi budaya yang harus tetap dilestarikan.

“Melalui kegiatan ini, harapannya agar bisa terus berlanjut secara turun temurun. Atas nama pemerintah Pulang Pisau, kami mengucapkan terima kasih dan sukses atas event selamatan kampung hari ini. Mudahan bisa membawa manfaat untuk warga desa pilang dan terhindar dari segala mara bahaya,” ucapnya.

Ditemui terpisah, Kades Pilang Rusli menyampaikan terimasihnya pada semua pihaknya yang ikut mensukseskan event selamatan Kampung. Mulai dari panitia, tamu undangan hingga seluruh lapisan masyarakat.

“Kegiatan berjalan dengan lancar dan tertiib tanda bahwa semua pihak berperan dalam mendukung dan menjaga nama baik desa. Mudah-mudahan tahun selanjutnya bisa digelar lebih meriah dan persiapan lebih maksimal lagi,” tukasnya. (Sam)

Editor : Dedy

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال