Bakar Ikan dan Berwisata Ke Pantai Batakan Kabupaten Tanah Laut, Kalsel

Pantai Batakan yang ada di desa Batakan, kecamatan Panyipatan, kabupaten Tanah Laut setiap akhir pekan ramai dikunjungi wisatawan lokal. Foto/ Net

POS SINDO.COM, WISATA – Kalimantan Selatan, selain memiliki suguhan wisata Pasar sungai Terapung ternyata juga punya wisata pantai, yakni Pantai Batakan yang ada di Kabupaten Tanah Laut. Bahkan lokasinya dekat dan bisa dijangkau dari Pusat Kota Banjarmasin, hanya sekitar 125 kilometer arah timur dari Kota Banjarmasin.

Untuk menuju Pantai Batakan dari Banjarmasin kondisi jalan cukup bagus, bahkan kondisi jalannya berkelak-kelok dan turun-naik juga menyajikan pemandangan alam yang indah berupa barisan perbukitan yang menghijau, hamparan persawahan yang menguning, serta perkampungan nelayan yang berada di tepi pantai.

Di pantai Batakan ini, pengunjung dapat bersantai mengelilingi pantai sambil menggunakan kuda sewaan, duduk di bawah pohon cemara sambil menikmati keindahan pantai, atau menyaksikan panorama alam terutama saat matahari akan terbenam (sunset). 

Spot Pinggir pantai Batakan yang sering dijadikan tempat menginap para pegunjung. Foto/IST

Kemudian di lepas pantai Batakan juga ada Pulau Datu yang merupakan obyek wisata ziarah makam Datu Pamulutan. Pengunjung untuk menuju pulau ini bisa menyewa transportasi kelotok yang ada disekitar pantai hanya dengan kisaran tarif sewa sekitar 150 ribu untuk mengangkut 6-8 orang rute PP Pantai Batakan – Pulau Datu

Tapi bagi anda yang hanya ingin berantai di Pantai Batakan saja, jangan khawatir oleh pemerintah setempat disediakan Fasilitas khas tempat rekreasi Pantai Batakan, seperti kamar mandi untuk bilas, rumah ibadah (masjid), panggung hiburan, cottage, restourant, penginapan, playground, hingga areal parkir kendaraan yang cukup luas.

Bahkan bagi anda yang datang bersama keluarga, disekitar pantai disediakan juga beberapa Gazebo untuk bersantai ataupun yang ingin menikmati ikan bakar khas Batakan. Anda bisa menikmati kebersamaan bakan ikan bakar di pinggi pantai.

Bahkan di Pantai Batakan juga kerap diadakannya ritual nelayan yang biasanya berlangsung pada bulan Juli atau Agustus setiap tahunnya. Ritual tersebut dilakukan oleh para nelayan sebagai bentuk terima kasih atas rezeki dari laut yang telah diperoleh sepanjang tahun.

Selain itu dalam ritual, para nelayan juga mengharapkan agar mendapatkan keselamatan ketika sedang melaut. Tradisi ritual yang dilakukan para nelayan, menambah keunikan dari Pantai Batakan. Hanya saja untuk melihat ritual ini anda terlebih dahulu harus melakukan konfirmasi kapan tepatnya ritual akan dilaksanakan. Agar ketika datang waktunya bisa berdekatan dengan pelaksanaan ritual di Pantai Batakan. (Redaksi)

Sumber : www.dispar.tanahlautkab.go.id



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال