BPBD Balangan Gencarkan Program Pembentukan Desa Tangguh Bencana

Tim dari BPBD Balangan saat sosialisasi program Destana di beberapa desa pada Kamis (12/1/2023) tadi. Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan – Pada tahun 2023 ini, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan berencana akan menjadikan 3 desa untuk disiapkan sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) sekaligus untuk desa percontohan dalam menghadapi resiko bencana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Rahmadi, Kamis (12/1/2023) tadi. Menurut dirinya, 3 Destana tersebut ialah Tanah Habang Kiri, Desa Pimping dan Matang Hanau. Dari desa tersebut, hanya Desa Matang Hanau yang sudah siap dan berstatus Destana Pratama.

“Sementara untuk Desa Pimping dan Tanang Habang Kiri masih dalam tahap sosialisasi. Nantinya tiga desa tersebut akan sama menjadi Destana Pratama atau Desa Tangguh Bencana yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dalam menghadapi potensi ancaman bencana,” ungkap Rahmadi.

Lebih lanjut disampaikan pria murah senyum ini, tujuan pembentukan desa Desatana tersebut yakni sebagai upaya untuk melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak yang berpotensi menjadi bencana. Sehingga dengan dilatih secara khusus, maka masyarakat justru bisa mengelola sumber daya dalam untuk mengurangi risiko bencana.

"selain itu juga perlunya meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kerja sama antara para pemangku kepentingan dalam PRB, pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, organisasi masyarakat, dan kelompok-kelompok lain yang peduli," ungkapnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال