Warga Diminta Waspadai Modus Penipuan Atas Namakan Pejabat Pemkab Balangan

Kabag Kesra Setda Balangan, H Syaifuddin Tailah SPd MM. Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan – Bagi pengelola tempat ibadah di Kabupaten Balangan diminta berhati-hati dan mewaspadai terhadap oknum yang mengatasnamakan Bupati dan Sekertaris Daerah (Sekda) yang mengaku bisa mengurus pencairan dana hibah. Hal tersebut disampaikan Kabag Kesra Setda Balangan, H Syaifuddin Tailah SPd MM pada Kamis ( 30/1/2023) tadi.

“Sudah ada korban dari salah satu pengelola tempat ibadah di Balangan. Modusnya berpura-pura kelebihan mentransfer dana hibah kemudian kelebihan dana tersebut diminta untuk dikembalikan,” ujar H Syaifuddin Tailah SPd MM.

Dikatakan pria ini lagi, pada dasarnya segala pencairan dana hibah harus terlebih dahulu melalui mekanisme yang jelas, dan proses pencairan juga sesuai dengan ketentuan. Sehingga menurutnya jika jeli sejak awal modus kejahatan penipuan tersebut harusnya bisa mudah diketahui.

“Biasanya untuk menarik perhatian korbannya, oknum tersebut saat menelpon juga sering mengaku kenal Bupati Balangan atau Sekda tersebut lalu menyampaikan hal-hal yang terlihat menggiurkan kemudian meminta nomor rekening dengan tujuan untuk mengirimkan bukti transfer palsu,” terang H Syaifuddin.

Menurut dirinya usai dikirim nomor rekening, oknum penipu lalu mengirimkan bukti transfer yang sebenarnya telah diedit dan dibuat mirip dengan slip transfer asli. Agar tidak di cek korban pelaku biasanya akan mendesak korban untuk melakukan tranfers cepat dengan alasan kelebihan kirim.

“Biasanya mereka jago dalam berbicara dan mendesak segera agar korbannya tidak berpikir lama atau menghubungi pihak lain. Nah kemarin ada yang sudah kena karena tidak sadar mengirimkan uang kerekening penipu. Usai dikirim nomor penipu langsung tidak aktif. Hal seperti ini harus menjadi perhatian semua pihak agar tidak ada yang tertipu,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال