Kurangnya Sarana Persampahan Membuat Penangan Sampah di Pulang Pisau Kurang Maksimal

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau Hendri Arroyo. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau, Hendri Arroyo mengatakan bahwa sarana dan prasarana dalam pengelolaan kebersihan dan persampahan di wilayah setempat masih terbatas sehingga membuat upaya pengurangan sampah kurang maksimal.


"Walau masih terbatas, kami tetap berusaha untuk bisa maksimal dalam menangani pengelolaan sampah di kabupaten setempat," ucap Hendri, Senin (10/04/2023) tadi.

Dalam menangani permasalahan kebersihan dan persampahan di lingkungan perkotaan, DLH Pulpis terus berupaya agar bisa terkelola dengan baik, mulai dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dia mengatakan, meski volume sampah masyarakat di lingkungan perkotaan masih tergolong kecil antara 8-9 ton per hari, namun DLH berpeluang atau tetap bisa menjadi 'bulan-bulanan' di bully masyarakat apabila satu hari saja sampah dari TPS tidak terangkut.

"Masyarakat tidak pernah mau tahu apa kendala yang kita hadapi, di tengah terbatasnya anggaran pemerintah setempat," ucap Hendri.

"Pengelolaan persampahan di TPA memang masih menjadi salah satu pekerjaan rumah kita, bagaimana dengan sentuhan teknologi limbah sampah bisa didaur ulang atau bisa dimanfaatkan dan bukan hanya dikubur saja," ucap Hendri

Dikatakan, untuk peningkatan infrastruktur TPA Desa Gohong ini sebelumnya telah diusulkan pemerintah setempat melalui Dinas PUPR bersama dinas terkait lainnya agar dibantu anggaran dari pemerintah pusat. Bahkan, Bupati Pudjirustaty Narang telah turun langsung berusaha untuk meyakinkan pemerintah pusat bahwa kabupaten setempat serius dalam penanganan permasalahan persampahan.


"Salah satunya mengusulkan kembali dengan memuat lampiran rekayasa teknologi untuk menjadi bahan pertimbangan dan meyakinkan pemerintah pusat bahwa peningkatan infrastruktur di TPA Desa Gohong bisa dilaksanakan," demikian Hendri.(Sam)

Editor : Tuah

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال