Dispersip Balangan Dorong Anak Usia Sekolah Gemar Berkunjung Ke Perpustakaan

Perpustakaan Daerah Balangan diharapkan bisa menjadi tujuan kunjungan anak-anak usia sekolah untuk meningkatkan literasi membaca.Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan, H. Tamrin, Rabu ( 25/01/2023) menghimbau pada para anak usia sekolah dan peserta didik untuk bisa menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, di mana siswa dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan dalam upaya menambah dan memperdalam ilmu pengetahuan.

“Perpustakaan memiliki posisi terpenting dalam meningkatkan budaya literasi bagi para siswa. Untuk itu disela-sela aktifivas, sambungnya siswa hendaknya sesering mungkin melakukan kunjungan ke perpustakaan, tidak hanya ketika ada tugas dari guru,” ungkapnya Tamrin.

Dikatakan dirinya, menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Karena itu diharapkan melalui budaya literasi yang baik akan dapat mengasah kemampuan untuk menjadi berpikir secara kritis, kreatif, inovatif serta menumbuhkan budi pekerti siswa.

“Jadi bagi para generasi muda harus memulai menerapkan budaya membaca atau literasi. peningkatan literasi sejalan dengan visi madrasahnya yang ingin siswa menjadi unggul dan berprestasi,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال