Harga Emas Kian Melesat Naik

Harga emas dunia sendiri diperkirakan akan meroket tahun ini.

POS SINDO.COM, Ekonomi - Harga emas batangan di dalam negeri terus melesat naik belakangan ini mengikuti pergerakan harga emas dunia. Bahkan, tidak menutup kemungkinan harganya akan semakin mahal tahun ini.

Melansir data dari situs logammulia.com milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam), harga emas batangan pada Sabtu (14/1), harga emas batangan per 1 gram berada di posisi Rp 1.043.000, naik tipis dari harga emas kemarin, yakni Rp 1.042.000 per 1 gram.

Adapun satuan harga emas terkecil ukuran 0,5 gram saat ini berada di angka Rp 571.500. Sedangkan harga emas untuk 10 gram seharga Rp 9.925.000 dan satuan terbesarnya yakni 1.000 gram (1 kg) berada di harga Rp 983.600.000.

Harga emas dunia merupakan faktor utama yang menggerakkan emas batangan di dalam negeri.

 Selain itu ada faktor lain yang mempengaruhi yakni nilai tukar rupiah serta supply-demand. Dua faktor tersebut bisa membuat persentase penurunan/kenaikan harga emas batangan lebih besar/kecil dibandingkan emas dunia, bahkan terkadang berlawanan arah.

Harga emas dunia sendiri diperkirakan akan meroket tahun ini. Hal itu dikatakan Chief investment officer Swiss Asia Capital, Juerg Kiener, memberikan proyeksi ekstremnya. Menurutnya, harga emas akan terbang hingga US$ 4.000 per troy ons pada 2023.

Proyeksi tersebut didasari adanya resesi serta pelonggaran kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed). ( Redaksi)

Sumber : cnbcindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال