Jakarta Gencarkan Penghijauan, Tanam Pohon Dengan Pemanfaatkan Lahan Fasum

PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menanam pohon dengan memanfaatkan lahan Fasilitas Umum di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (06/1/2023) tadi. Foto/IST

POS SINDO.COM, Jakarta - Sebagai upaya menciptakan penghijauan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penanaman ratusan pohon dengan mengoptimalkan atau memanfaatkan lahan Fasilitas Umum (Fasum) di Jalan Laksamana Malahayati Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (6/1/2023) tadi.

Pada kegiatan penanaman pohon ini yang bertemakan 'Jumat Menanam' tersebut, dilakukan dilokasi jalur hijau sepanjang lima kilometer. Turut dihadir langsung PJ Gubernur Jakarta serta instansi terkait lainnya.

"Pagi ini kami melakukan penanaman pohon di sepanjang jalur hijau bawah kolong tol Becakayu. Ini lahan punya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikelola Jasa Tirta II. Jadi ini ada dua (lahan), satunya lagi milik BPJT. Kita ingin menunjukkan bahwa lokasi tersebut harus dirawat. Sekitar ribuan tanaman kita tanam di sepanjang area kolong tol," tutur Heru Budi Hartono.

Dalam kesempatan dirinya juga berpesan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Jawa Barat, untuk bisa saling bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta dalam menjaga keasrian dan keindahan kawasan kolong tol Becakayu.

"Hari ini saya titip ke beliau, lokasi yang di Bekasi juga harus seperti itu. Saya minta Pak Bupati (ikut) tanam pohon. Tugas beliau dengan kita adalah sama-sama menjaga keasrian lingkungan agar selalu hijau, sehingga kita dalam upaya menjaga sumber air bersih di Jakarta terus berlanjut," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan rutinnya dilakukan kegiatan Jumat Menanam di lingkungan sepanjang Kalimalang, bisa menjadi semakin bersih, dan tetap asri. Ia juga meminta Jasa Tirta dan BPJT untuk tetap saling bekerja sama dalam menjaga kawasan tersebut yang dimanfaatkan sebagai kawasan urban farming. (Arief Suseno)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال