Jelang HUT Ke-20 Balangan, Pemkab Gelar Sayembara Berhadiah

Untuk memeriahkan HUT Balangan Ke-20 Pada Bulan April Mendatang. Pemkab setempat menggelar berbagai sayembara berhadiah. Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan – Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Balangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menggelar lomba pembuatan motif kain sasirangan. Kegiatan bertajuk sayembara desain motif sasirangan ini diikuti 12 pengrajin sasirangan Kabupaten Balangan dengan menghadirkan 17 jenis total desain motif keseluruhan kain sasirangan.

Disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK, Kabupaten Balangan Hj Sri Huriyati Hadi yang menjadi tim juri pemilihan motif dan warna kain sasirangan HUT ke-19 Kabupaten Balangan di Aula TP PKK Kabupaten Balangan, Rabu (12/01/2022) tadi.

Diacara tersebut, nantinya akan hadir dalam penilaian lomba kain sasirangan tersebut anggota TP PKK Kabupaten Balangan, Bagian Tapem Setda Kabupaten Balangan, serta tim juri dari Dekranasda Kabupaten Balangan.

“Masing-masing pengerajin maksimal bisa mengirimkan dua jenis motif desain sasirangan. Dalam lomba kali ini ada pengrajin yang mengirim dua motif, ada yang cuma satu motif saja. Kemudian dari 17 jenis desain tersebut, dipilih lima jenis untuk disaring lagi menjadi tiga pemenang dan hasil pemenangnya nanti akan ditentukan Bupati Balangan H Abdul Hadi,” ungkap Ketua TP PKK Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi.

Dilanjutkan dirinya, motif yang terpilih nantinya akan menjadi ikon pemkab balangan dan karyanya juga mendapatkan apresiasi tanpa menghilangkan hak pembuat. Ia juga mengingatkan agar para kepada pengrajin untuk menunjukan kebolehannya dalam berkarya.

“Semoga para pengrajin di Kabupaten Balangan bisa lebih banyak memproduksi kain sasirangan sendiri, sehingga masyarakat Balangan nantinya tidak lagi mencari kain sasirangan dari kabupaten luar, tapi kita bangga dengan hasil karya pengrajin sasirangan di kabupaten kita sendiri,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال