Lautan Manusia Tumpah Ruah di Haul Guru Sekumpul, Martapura

Lautan Manusia nampak memadati salah satu ruas jalan di Martapura- Banjarbaru dalam Haul Guru Sekumpul, Minggu (29/01/2023). Foto/IST

POS SINDO.COM, Kalsel - Lautan manusia tumpah ruah di acara Haul Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul yang ke-18 di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada Minggu (29/01/2023) malam.

Mulai dari Kawasan Banjarbaru hingga Daerah Martapura sejak pagi nampak dipadati manusia. Bahkan sore hari di sekitar Musholla Ar Raudhah di Kelurahan Sekumpul yang menjadi pusat kegiatan haul atau peringatan atas wafatnya Guru Sekumpul itu menjelang siang hari tidak bisa dilewati seperti biasa karena penuh disetiap sudutnya, oleh Jemaah yang mengikuti haulan.

Polres Banjarbaru bersama dengan Polrs Martapura sampai melakukan penututan beberapa jalan dan rekayasa lalulintas. Khususnya di bundaran simpang empat Banjarbaru, tJalan Ahmad Yani Km 35 atau berjarak sekitar lima kilometer dari Sekumpul.

"Untuk kenyamanan pelaksanaan haul, kami lakukan rekayasa lalu lintas sejak di bundaran besar, jadi jamaah hanya boleh berjalan kaki menuju Sekumpul," Ujar Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah.

Jika melihat Haul Akbar Guru Sekumpul sebelumnya, jamaah yang hadir diperkirakan ratusan ribu, bahkan ada yang berpendapat lebih satu juta orang, sebab lautan manusia tergambar beberapa kilometer dari titik utama acara peringatan setelah meninggal dunia dengan tujuan utama kirim doa tersebut.

Almarhum Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani sendiri merupakan salah seorang ulama yang sangat kharismatik dan berpengaruh dari Kalimantan Selatan keturunan kedelapan dari ulama besar tanah Banjar, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjari.

Bahkan Pada Kamis (26/1/2023) lalu, Wakil Presiden RI Maruf Amin juga hadir hadir dalam Peringatan Haul Akbar Guru Sekumpul di Kediaman Pribadi Gubernur Kalimantan Selatan, Jalan Kertak Baru Kampung Keramat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (Redaksi)

Sumber : Antara

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال