Maksimalkan Pelayanan, DPMPTSP Kotawaringin Timur Bakal Buka Mal Pelayanan Publik

Dalam waktu dekat Kotim akan menyediakan Mal Pelayanan Publik dari DPMPTSP  terkait. Foto/IST

POS SINDO.COM, Kotim – Pemerintah Daerah (Pemkab) Kotawaringin Timur akhirnya mulai memfungsikan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang akan menjadi tempat berbagai pelayanan pada masyarakat yang ditempatkan pada satu lokasi.

Terhitung mulai 2 Januari 2022, Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotim beralih kantor ke Jalan MT Haryono Sampit yang mana menjadi SOPD pertama.

Berdasarkan Pantauan media, terpantau proses perpindahan barang-barang selama beberapa hari sebelum mulai berkantor di Gedung baru tersebut.

”Iya rencana Perdua Januari DPMPTSP mulai berkantor di Mal Pelayanan Publik. Selanjutnya pelayanan dan aktivitas pindah kesini,” kata Kepala DPMPTSP Kotim, Imam Subekti.

Lebih lanjut dikatakan kadis DPMPTSP Kotim menjelaskan bahwa MPP akan menjadi integrasi pelayanan publik. MPP selanjutnya akan membuka sekitar 95 layanan dari lembaga, kementerian, dan satuan organisasi perangkat daerah. Selain itu, MPP akan menjadi sentral pelayanan yang dinyatakan dalam nota kesepakatan dan kesepakatan bersama hingga 252 jenis layanan.

”SOPD dan instansi lainnya yang berkaitan dengan layanan public turut akan membuka layanan di MPP. Namun, untuk saat ini masih DPMPTSP yang membuka layanan disini,” ungkap Imam Subekti lagi.

Pembangunan MPP sebagai bentuk integrasi berbagai layanan dalam satu lokasi yang diterapkan Pemda Kotim. Integrasi tersebut bertujuan agar mempermudah masyarakat mengurus berbagai keperluan (perizinan). MPP merupakan bentuk aplikasi dari UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. MPP sendiri juga ditunjang fasilitas seperti kantin dan cafe agar masyarakat tidak bosan saat mengantri atau menunggu perizinan.

Secara khusus, MPP rencananya akan diresmikan bertepatan dengan (HUT) Kotim ke-70 pada 7 Januari 2023 mendatang. MPP tersebut nantinya akan dinamakan MPP Habaring Hurung sesuai dengan semboyan Kotim. MPP sendiri dibangun pada kepemimpinan Bupati Kotim Supian Hadi pada tahun 2018 dengan anggaran Rp38,8 miliar. (Alex)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال