Pemko Palangka Raya Siap Olah Sampah Jadi Bernilai

Pemko Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya tengah berusaha tangani sampah jadi bahan Metana. Foto/IST

POS SINDO.COM, Palangka Raya – Saat ini tercatat jika jumlah sampah yang dihasilkan oleh warga Palangka Raya, Kalimantan Tengah perharinya bisa mencapai 150 ton. Informasi tersebut disampaikan Kepala DLH Kota Palangka Raya, Achmad Zaini, beberapa waktu tadi.

Sebagai antisipasi terjadinya penumpukan Pemerintah Kota Palangka Raya melalui DLH dikatakan dirinya menyiapkan berbagai cara untuk mengurai masalah tersebut. Selain dengan imbauan pada warga untuk taat dalam membuang sampah, pihaknya juga tengah menambah armada angkutan sampah.

“Kita berusaha menyiapkan pegawai lapangan sebagai garda terdepan dalam pembersihan sampah, serta menyiapkan anggaran untuk mendukung sarana prasarana. Termasuk salah satunya melengkapi armada angkutan,” jelas Achmad Zaini.

Kemudian dilanjutkan Achmad Zaini, pihaknya juga tengah menjalankan program terkait pemanfaatan sampah untuk dijadikan gas metana. Program tersebut menurut dirinya sudah berjalan di beberapa kota diluar Kalimantan.

“Pemanfaatan limbah atau sampah untuk dijadikan bahan bakar demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. Jadi limbah sampah yang dulunya tidak berguna, nanti akan dipilah dan diolah menjadi sumber bahan pendukung rumah tangga. Selain mengurangi sampah juga membantu ekonomi keluarga,” tukasya. ( Rls, Dre)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال