Pengurus Batamad Tingkat Kelurahan dan Desa dikukuhkan, Panglima Minta Jaga kerukunan Bersama

Panglima Batamad Kalimantan Tengah, Yuandrias berkunjung ke Pulang Pisau, Selasa ( 10/01/2023) tadi. Foto/IST

POS SINDO.COM, Pulang Pisau – Bertempat di Sekretariat Dewan adat Dayak (DAD) Pulang Pisau di jalan Tajahan Antang, Kelurahan Bereng pada Selasa ( 10/01/2023) tadi dilakukan pelantikan dan pengukuhan beberapa pengurus Barisan pertahanan Adat Dayak (Batamad) tingkat kelurahan dan desa yang ada di kabupaten Pulang Pisau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panglima Batamad Kalimantan Tengah, Yuandrias beserta rombongan juga pengurus Batamad Kabupaten, kelurahan dan desa se-Pulang Pisau serta para damang dan mantir adat. Dalam kegiatan tersebut, Yuandrias melakukan pengukuhan pada sejumlah pengurus.

“Batamad ini merupakan lembaga adat yang memiliki dasar hukum yang jelas yakni Peraturan Daerah (Perda) Kalimantan Tengah Nomor 16 Tahun 2008 tentang kelembagaan adat Dayak. Untuk itu tugasnya yakni mengawal keputusan Damang serta mempertahankan harkat dan martabat adat Dayak dan menjaga kerukunan,” ungkap pria yang merupakan purnawirawan dengan pangkat Kolonel Kopassus TNI ini.

Dijelaskan Yuandrias lagi, karena tugas dan fungsinya jelas maka politik Batamad juga jelas yakni politik kebersamaan, tentang kedayakan, serta perpolitik tentang kekuatan Dayak dalam arti menjaga kearifan lokal dan menjadi tuan rumah yang baik.

Sementara itu, Andrianto E Sangan sebagai Komandan Brigade Batamad Kabupaten Pulang Pisau menjelaskan jika Batamad kabupaten satu komando dengan arahan panglima Batamad Provinsi. Pihaknya siap menjalankan tugas untuk menjaga mempertahankan harkat dan martabat adat Dayak.

“Sesuai dengan pesan panglima tertinggi batamad, kita akan berkegiatan dengan mementingkan tujuan bersama diatas kepentingan pribadi. Kemudian juga siap membantu tugas kedamangan dalam mengawal putusan-putusan adat agar terciptanya nilai-nilai kearifan lokal,” tukasnya. (Sam)



Editor: Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال