Refleksi 70 Tahun Kotim. Indeks Pembangunan Manusia terus Meningkat

Peringatan HUT Kabupaten Kotim di halaman kantor bupati, Pada Sabtu (7/1/2023) pagi dihadiri Sekda Provinsi Kalteng, H Nuryakin serta Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, para tamu undangan serta seluruh Kepala SOPD dan undangan khusus. Foto/IST

POS SINDO.COM, Kotim – Pada Minggu, (07/1/2023) hari ini, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berulang tahun dengan usinya yang menginjak 70 tahun. Kabupaten Kotim, hingga saat ini terus bertumbuh secara pembangunan dan perekonomian yang membuat Kotim menjadi salah satu kabupaten terbesar di Kalteng. Kabupaten yang memiliki ikon Ikan Jelawat saat ini dipimpin Bupati Halikinnor dan Wabup Irawati.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten yang dikenal memiliki Slogan “Habaring Hurung” yang berarti Kota gotong royong ini dilangsungkan di halaman kantor bupati Kotim pada Sabtu (7/1/2023) pagi tadi. Hadir dalam acara tersebut Sekda Provinsi Kalteng, H Nuryakin serta Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, para tamu undangan serta seluruh Kepala SOPD dan undangan khusus.

Wagub Kalteng, Edy Pratowo mengucapkan selamat atas perayaan HUT Kotim kepada Bupati dan Wabup serta jajaran masyarakat Kotim. Wagub Kalteng Edy Pratowo turut mengingatkan agar Pemda Kotim bersiap mengantisipasi ancaman resesi pada tahun 2023 yang sudah disampaikan Pemerintah. 

Wagub juga mengapresiasi program Pemda Kotim dalam menjaga ketahanan pangan guna menekan harga bahan pokok melalui program pembukaan lahan terutama Cabai.

“Pemprov mengapresiasi upaya Pemda Kotim dalam upaya menekan angka Inflasi sehingga berhasil menurunkan tingkat inflasi pada tahun 2022. Kita mendukung terus program-program pembangunan agar capaian pembangunan terus meningkat setiap tahunnya,” apresiasi Wagub saat menyampaikan sambutan.

Usia Kotim yang ke-70 tahun telah banyak membawa perubahan dan pembangunan menuju kemajuan, walaupun pernah terjadi tragedy kelam konflik antar suku pada tahun 2001-an. Namun, hal tersebut telah menjadi pembelajaran guna meningkatkan toleransi dan hubungan antar suku sehingga kebersamaan dapat menuju ke pembangunan yang lebik baik.

Pantauan Media ini, Kabupaten Kotim hingga kinu terus berbenah dan membangun sarana dan prasarana hingga menjadi salah satu kabupaten besar di Kalteng. Menyandur data dari BPS Kotim, indeks pembangunan manusia (IPM) dari 2013 hingga tahun 2021 terus bertumbuh (dari 67,95 hingga 71,38). 

Angka IPM menunjukan bahwa Kotim tergolong memiliki kategori IPM tinggi. IPM sendiri merupakan gambaran ukuran pencapaian rata-rata dalam dimensi utama pembangunan manusia, yaitu kesehatan, pendidikan, dan standar hidup layak.

Dari sisi inflasi berdasarkan data BPS Kotim, tingkat inflasi Januari-Desember 2022 dan inflasi Desember 2022-Desember 2021sebesar 5,99 persen. Sementara tingkat inflasi pada periode yang sama tahun kalender 2021 dan tingkat inflasi tahun ke tahun 2021 sebesar 4,62 persen. 

Peningkatan nilai inflasi disebabkan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng, penyesuaian harga BBM yang berpengaruh terhadap biaya angkutan, kenaikan harga bahan bakar rumah tangga, serta cuaca yang mengganggu suplai dan distribusi barang. (Alex)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال