Review Pertandingan Babak Gugur Hari Pertama, M4 World Championship

Pertandingan Babak Gugur Hari Pertama,  M4 World Championship / Sumber Instagram mpl.id.official  

 

POSSINDO.COM, Opini -Pertandingan babak gugur M4 World Championship selesai dengan ditutupnya pertandingan pada hari ini (7/1/2023), antara Team Haq vs Echo. Pada Sabtu (7/1/2023) terdapat 2 pertandingan babak gugur Upper Bracket yang mempertemukan Onic Esports vs Falcon Esports dan Team Haq vs Echo. 

Babak gugur ini menerapkan Bo5 (best of 5 atau 3 kemenangan pertama). Tim yang memenangkan pertandingan tersebut akan tetap melaju pada sisi Upper Bracket, tim yang kalah akan turun ke Lower Bracket.

Onic Esports vs Falcon Esports

Permainan pertama berhasil dimenangkan dengan Onic Esports dengan dominasi yang kuat dan penampilan gemilang Onic.Kairi menggunakan Hayabusa. Selama Permainan tersebut dominasi Onic Esports berhasil mendapatkan Wipe Out sebanyak 2 kali atas pertempuran yang berhasil meratakan Falcon Esports.

Permainan yang berlangsung 15 menit 26 detik tersebut menghasilkan statistik, Rich Guy Onic.Kairi (836 GPM), The Carry Onic.CW (48.593 Damage Dealt), Sand Bag FCON.Kenn (98.870 Damage Taken), dan Forgotten One Onic.Kiboy (11 assists), serta 15 kill untuk Onic Esports berbanding 6 kill untuk Falcon Esports. Penampilan gemilang Onic.Kairi dengan 100% Participation Kill membuatnya dinobatkan sebagai MVP.

Permainan kedua, kemenangan berhasil kembali diraih Onic Esports. Permainan tersebut dapat disebut one side game atau permainan berat sebelah ke arah Onic Esports sejak awal menit. Dominasi Onic Esport tersebut tidak lepas dari pergerakan Onic.Sanz yang menggunakan Kadita. Kemenangan tersebut menguatkan langkah Onic Esport menuju babak selanjutnya, dengan 1 kemenangan tersisa.

Permainan tersebut berlangsung 18 menit 07 detik, dengan statistik Rich Guy Onic.CW (869 GPM), The Carry FCON.Zippx (62.319 Damage Dealt), Sand Bag FCON.YellowFlash (121.741 Damage Taken), dan Forgotten One Onic.Kairi (11 assists), sedangkan Onic.CW berhasil menyabet gelar MVP.

Permainan ketiga, Permainan yang terjadi saling ambil alih tempo. Early game, Falcon Esports berhasil mendominasi permainan dengan strategi pick off terhadap pemain Onic Esports. Memasuki menit kedelapan, Onic Esports mulai mengambil alih permainan dengan serangan kejutan pada mid tower yang berhasil membunuh 3 hero Falcon Esports.

Pertandingan tersebut berhasil menorehkan statistik Rich Guy Onic.CW (734 GPM), The Carry Onic.Kairi (40.461 Damage Dealt), Sand Bag FCON.Kenn (75.840 Damage Taken), dan Forgotten One Onic.Kiboy (12 assists), serta ONIC.Sanz yang menggunakan Lilya dengan penampilan berhasil menyabet MVP.

Kemenangan tersebut mengukuhkan jalan Onic Esports melaju ke babak Upper Bracket selanjutnya dengan skor 3-0. Secara umum, pada match ini Onic Esports tidak mendapatkan rintangan yang begitu berat seperti prediksi sebelumnya. Hal tersebut karena Falcon Esports tampil begitu agresif dan memukau saat babak grup dengan berhasil mengalah Sang Jawara Bertahan Blacklist International.

Team Haq vs Echo

Permainan pertama, permainan yang begitu menghibur dari kedua tim. Permainan early game didominasi Echo melalui permainan pick off Echo.Yawi menggunakan Chou. Namun, memasuki menit keenam perlahan permainan 4 player gank Team Haq terhadap pergerakan jungler dan goldlaner Echo. Selanjutnya memasuki menit kesepuluh terjadi jual beli teamfight yang sehingga terjadi kesetaraan kedua tim. Namun memasuki menit ke-23, Echo menunjukkan kualitas makro play (penguasaan map) dengan memancing pemain Team Haq war di area lord, dilanjutkan split push terhadap base Team Haq oleh Echo.Bennyqt menggunakan Karrie dan memenangkan permainan pertama.

Permainan dengan durasi 24 menit 6 detik ditaburi beberapa statistik, Rich Guy Echo.Bennyqt (780 GPM), The Carry Echo.Sanji (119.673 Damage Dealt), Sand Bag Echo.Karltzy (230.406 Damage Taken), dan Forgotten One THQ.Mannn (14 Assists). Permainan pertama meneguhkan Echo.Bennyqt sebagai MVP dengan permainannya yang menjadi kill tertinggi dan strategi split pushnya.

Permainan kedua, Team Haq menggunakan gameplay pick off dengan pick Eudora dan Chou untuk merusuh ke area goldlaner Echo. Strategi tersebut tidak berjalan lancar karena Echo.Bennyqt (Karrie) dan Echo.Yawi (Kufra) bermain cukup passif di dalam turret. Namun, Team Haq berhasil mendominasi 5 menit pertama dengan gank ke arah Explaner terhadap Echo.Sanford (Grock). Namun, memasuki 5 menit ke atas, permainan teamfight yang sering dimenangkan Echo berhasil mulai mengambil alih tempo, hingga terjadi wipeout dan Echo.Bennyqt mendapatkan maniac. Hingga akhir permainan, Echo berhasil mendominasi permainan dan berhasil menyelesaikan game dengan skor 23-7.

Permainan dengan durasi yang cukup singkat 12 menit 19 detik menyajikan beberapa statistik, yakni Rich Guy Echo.Bennyqt (812 GPM), The Carry Echo.Bennyqt (56.342 Damage Dealt), Sand Bag THQ.Minnn (71.341 Damage Taken), dan Forgotten One Echo.Sanji (12 Assists). Permainan apik Echo.Bennyqt berhasil menyabet MVP untuk kedua kalinya. Kemenangan pertandingan kedua memuluskan langkah Echo melaju ke babak Upper Bracket selanjutnya dengan syarat memenangkan satu permainan lagi.

Permainan ketiga, Team Haq memulai game dengan mengalih tempo permainan secara perlahan yang mampu dipertahankan hingga mid game. Dominasi tersebut terus dipertahankan dengan bermain objektif walaupun secara kill masih dipimpin Echo 8-9 menit kesebelas. Walaupun Echo cukup tertekan, namun bukan tanpa upaya, Echo.Yawi menggunkan Natalia mencoba melakukan pick off terhadap pemain Team Haq yang terpisah beberapa kali. Namun, hal tersebut tidak dapat mengambil alih tempo permainan. Secara teamfight Team Haq berhasil unggul hingga hampir meratakan Echo, sebelum melakukan end base.

Permainan dengan durasi 16 menit 03 detik menyajikan statistik, Rich Guy THQ.Panda (749 GPM), The Carry THQ.Panda (49.748 Damage Dealt), Sand Bag Echo.Sanji (115.493 Damage Taken), dan Forgotten One THQ.Lolla (8 Assists), namun MVP berhasil disabet THQ.Garry dengan permainan apiknya menggunakan Joy. Kemenangan Team Haq membuka asa untuk tetap melaju babak Upper Bracket selanjutnya.

Permainan keempat ini hingga memasuki mid game kedua tim saling mengambil alih tempo permainan secara gold dan imbang secara kill. Namun, mulai memasuki menit ke-7 Team Haq mulai meninggalkan Echo secara perolehan gold hingga selisih diangka 3000an. Permainan ini cukup berjalan pasif, yang mana teamfight terjadi pada waktu perebutan lord ataupun turtle. Teamfight yang terjadi lebih condong kearah Team Haq sejak menit ke-9. Beranjak ke menit 10 keatas,

Team Haq mulai memimpin gold diatas 3700an sehingga secara item memimpin Team Haq. Pada menit ke-13 terjadi teamfight memperebutkan lord yang mana mampu didominasi Team Haq dengan berhasil meratakan Echo dan memperoleh objektif. Pasca teamfight tersebut Echo mencoba bangkit dengan membuka teamfight sebelum perebutan lord pada menit 15. Selanjutnya ketika akan perebutan lord, Team Haq mencoba memancing teamfight namun THQ.Panda menggunakan Claude dan THQ.Garry menggunakan Ling melakukan split push melalui mid lane dengan berhasil mengeleminasi 2 pemain Echo dan berhasil menghancurkan base. Kemenangan Team Haq tersebut memaksa Echo untuk bermain 5 game dalam penentuan tim yang melaju upper bracket.

Permainan kelima, permainan yang cukup singkat walaupun 5 menit pertama masih cukup seimbang walaupun Echo cukup unggul secara tempo dan gold. Namun keadaan berbalik ketika gank ke arah Echo.Sanford (Yu Zhong) gagal dilakukan THQ.Garry (Ling) dan THQ.Lolla (Chou), yang mana keduany tereleminasi. Hal tersebut membuat Team Haq ketinggalan gold yang berdampak ditambah dengan lord yang berhasil diperoleh Echo. Dengan bantuan lord tersebut Echo memenangkan pertandingan dengan waktu singkat 10 menit 58 detik (permainan paling singkat sejauh M4) dan memaksa Team Haq turun ke Lower Bracket.

Hasil Pertandingan

Kemenangan 3-0 Onic Esports atas Falcon membuat Onic Esport melaju ke babak gugur selanjutnya pada posisi Upper Bracket yang akan ditantang Echo. Dua tim lainya harus turun ke Lower Bracket, yang mana Falcon Esports menunggu tantangan dari pemenang pertandingan antara RSG SG dan S11 Gamings. Team Haq telah bersiap menanti lawan antara Incedio Supremacy dan MDH Esports. Jadwal selanjutnya (8/1/2023) akan mempertemukan pertarungan tim Upper Bracket antara Todak vs RRQ Hoshi dan RRQ Akira vs Blacklist International. (****)

Ditulis oleh : Alex, seorang pemerhati Game Mobile Legends



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال