Sempat Ditutup Akibat Cuaca Ekstrem, Kini Wisata Karimunjawa Mulai Dibuka

Wisata Karimunjawa yang ada di Jepara-Jawa Tengah ini Jadi Incaran Banyak Turis. Foto/IST

POS SINDO.COM, Ragam - Wisata Karimunjawa resmi dibuka. Usai ditutupnya kawasan wisata tersebut akibat cuaca ekstrem yang melanda di sejumlah daerah akhir-akhir. Pembukaan kawasan ini di mulai pada hari ini 7 Januari 2023 dengan tetap memperhatikan informasi dari BMKG mengenai anomali, prakiraan cuaca dan tinggi gelombang.

Seperti yang dikutip dari laman resmi Instagram @btn.karimunjawa tertuliskan, berdasarkan Surat Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa No. PG.1/ T.34/TU/SET.1/01/2023 bahwa sehubungan dengan kondisi cuaca yang semakin membaik di Perairan Kepulauan Karimunjawa, maka Balai Taman Nasional Karimunjawa membuka kembali aktivitas wisata di Kawasan Taman Nasional Karimunjawa.

Kendati begitu pengelola kawasan wisata Karimunjawa juga tetap menghimbau kepada pengunjung atau wisatawan yang ingin berlibur ke Taman Nasional Karimunjawa. Seperti tetap mematuhi segala peraturan sesuai prosedur tentang keamanan laut.

Mengenal Karimunjawa Dan Berbagai Lokasi Wisatanya

Karimunjawa merupakan salah satu destinasi wisata alam cukup terkenal di Indonesia, yang berada di Jepara Jawa Tengah. Wisata ini memiliki julukan The Paradise of Java. Keunikan dari kawasan wisata wisata ini terdapat sederet pulau yang memiliki pesona memukau, mulai dari wisata bukit, wisata bawah laut, wisata pantai dan hutan mangrove.

Terlihat keseruan keluarga yang sedang berlibur di Karimunjawa sambil menikmati bekal makanan di atas pasir putih. Foto/IST

Selain itu terdapat berbagai potensi budaya yang dimiliki Karimunjawa. Hal ini pastinya bisa membuat tempat wisata ini cukup banyak diminati oleh wisatawan baik lokal maupun luar negeri, dan hampir setiap tahunnya kawasan ini selalu ramai pengunjung.

Jika kalian ingin berlibur ke Wisata Karimunjawa ada banyak lokasi yang bisa anda kunjungi, Beberapa di antaranya,:

1. Pantai Batu Topeng

Wisata ini merupakan salah satu pantai pasir putih yang sangat indah serta dijadikan sebagai daya tarik wisata, baik itu wisata darat maupun laut. Pantai Batu Topeng ini bisa untuk diakses baik itu melalui jalur laut juga jalur darat. Pantai Batu Topeng sering dikunjungi oleh wisatawan pada saat sore hari juga siang hari untuk menikmati suasana yang ada ditempat ini.


2. Alun-alun Karimunjawa

Alun-alun yang terletak di Karimunjawa. Saat pengunjung yang berada di sini, akan disuguhkan dengan makanan lezat hasil tangkapan ikan, yang diolah menjadi berbagai menu makanan lezat dan beraneka macam. Alun-alun ini akan ramai pengunjung ketika malam hari. Kamu juga bisa bercengkrama bersama kerabat dan saudara di atas tikar di bawah bintang yang gemerlap.

3. Karimunjawa Butterfly Park

Selain menyuguhkan wisata alam yang keren, destinasi wisata karimunjawa ini juga menawarkan wisata buatan yang tak tidak kalah menawan untuk dikunjungi, yaitu Karimunjawa Butterfly Park. Tempat wisata ini sangat cocok untuk para pengunjung yang malas untuk mengeksplor indahnya pantai, bisa datang kesini. Tempat ini terdapat banyak kupu-kupu yang cantik, cocok untuk kamu yang suka dengan hewan. Selain kupu-kupu, terdapat juga wahana lain yang tak kalah keren seperti bioskop 3D Cinema, 3D Art Gallery, serta masih banyak lagi.

4. Dermaga Mrican

Wisata karimunjawa selanjutnya adalah Dermaga Mrican. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk dinikmati saat sore hari ketika melihat matahari terbenam. Dermaga ini juga menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan pencari ikan di laut lepas. Banyak warga juga bisa membeli hasil tangkapan mereka.


5. Makam Sunan Nyamplungan

Karimunjawa memang terkenal dengan wisata alam terutama pantai yang keren dan indah, namun dibalik keindahan itu terdapat tempat wisata religi juga di sana. Wisata karimunjawa juga memiliki sebuah makam sunan Nyamplungan yang dikenal sebagai makam Syekh Amir Hasan putra dari Sunan Muria, Syekh Amir adalah sosok penting di Karimunjawa. Nama nyamplung sendiri diberi, karena di dekat makam terdapat pohon nyamplung.

6. Island Hopping

Wisata Karimunjawa berikutnya adalah Island Hopping. Island Hopping memiliki arti bahwa pengunjung bisa pergi ke banyak pulau sekaligus dalam satu hari. Ini merupakan aktivitas yang wajib untuk dilakukan bagi wisatawan yang suka travelling. Kapten kapal yang ada disini, akan membawa pengunjung ke banyak tempat atau pulau eksotis di Karimunjawa. 

Banyak pulau yang bisa dikunjungi, seperti Pulau Menjangan Besar, pulau tempat penangkaran hiu. Juga Pulau Menjangan Kecil yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling.

7. Bukit Love Karimunjawa

Salah satu destinasi wisata keren yang ada di Karimun jawa ini juga bisa kamu kunjungi dengan pasanganmu. Selain menyuguhkan keindahan alam yang indah, sama seperti namanya tempat ini terdapat patung bertuliskan 'Cinta'. bisa jadikan patung itu menjadi salah satu spot foto terindah bersama orang yang kamu sayang.

Selain itu masih ada wisata lainnya seperti  Bukit Annora, Bukit Joko Tuwo, Bakololo, Hutan Mangrove, Pantai Nirwana, Pantai Ujung Batu Lawang dan Pantai Ujung Gelam. Tempat tersebut menjadi destinasi piihan yang jadi incaran para turis lokal dan asing untuk diabadikan menjadi gambar menarik.(Arief Suseno)

Dirangkum berbagai sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال