Terpantau Tiga Titik Karhutla, BPBD Kotim Gerak Cepat Lakukan Pemadaman Api

Petugas BPBD Kabupaten Kotim saat memadamkan api yang terpantau mendekati kawasan perumahan warga pada Selasa (03/1/2023) tadi. Foto/BPBD Kotim For Possindo

POSSINDO.COM, Kotim - Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur (Kotim) bergerak cepat untuk memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di 3 titik pada 3 Januari 2023 tadi. Titik kebakaran tersebut tersebar di Perumahan Jalan Pramuka, Jalan Tidar Baru, dan Perumahan Citra Mandiri. Kebakaran lahan terjadi masih dalam Kota Sampit.

Kalaksa BPBD Kotim Rihel, menjelaskan kebakaran lahan tersebut terjadi dihampir waktu bersamaan dan tidak jauh dari lokasi pemukiman masyarakat. Namun, tiga titik kebakaran tersebut cukup jauh dari sumber air.

Sumber air yang jauh disiasati BPBD Kotim dengan melakukan upaya menyambung selang sekitar 300 meter walaupun masih belum dapat mencapai titik api. Kendala lainnya titik api yang cukup jauh dari jalan memaksa harus membuka jalan yang dipenuhi semak dan belukar.

“Hari ini terjadi 3 titik kebakaran tidak jauh dari lokasi pemukiman. Namun, titik kebakaran cukup jauh dari jalan dan mendapatkan kendala kesulitan sumber air,” jelas Rihel terkait lokasi dan kendala pemadaman.

Kebakaran pada ketiga lahan tersebut diduga terjadi karena adanya unsur kesengajaan ditinjau dari kepulan asap tebal. Akibat kebakaran tersebut asap sempat menyelimuti sekitar pemukiman.

“Kebakaran lahan pada hari ini terindikasi disengaja atau perbuatan manusia. Kami menghimbau agar masyarakat berhati-hati jika membakar lahan dan harus diawasi hingga memastikan kalau api itu padam sebelum ditinggal,” jelas dan himbau Rihel.

Berdasarkan himpunan data, selama 3 hari pada tahun 2023 telah terjadi 7 titik kebakaran lahan, yang sebelumnya masing-masing 2 kejadian pada tanggal 1 dan 2 Januari 2023. (Alex)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال