Usai Libur Nataru, Aktivitas Pelabuhan Merak Diprediksi Meningkat

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat di wawancarai awak media usai melakukan tinjauan di Pelabuhan Merak. Foto/IST

POS SINDO.COM, Nasional - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memprediksikan, usai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pelabuhan Merak, Banten akan ada peningkatan jumlah penumpang pada esok hari (02/1/2023) Selasa. Hal tersebut disampaikan dirinya usai melakukan tinjauan di pelabuhan tersebut.

"Kan tahun baru, baru tadi malam perayaannya. Saya rasa hari ini belum ada tanda-tanda kenaikan lalu lintas arus balik. Paling mulai besok sampai lusa terjadi kenaikan. Untuk penyeberangan, terutama Pelabuhan Merak-Bakauheni sudah siap dan masih di bawah kapasitas jadi tidak ada masalah," ucap Muhadjir Effendy kepada awak media, di kutip dari kompas.com.

Lanjut terangnya, meski sempat ada insiden yaitu terjadi dua kecelakaan kendaraan terjatuh ke laut di Pelabuhan Merak selama periode Nataru, tetapi peristiwa itu tidak mengganggu arus kendaraan yang akan ke menuju Jawa maupun Sumatera.

"Tetapi secara umum sejak perayaan natal sampai tahun baru 2023 ini semuanya berjalan baik, ada insiden kecil, ada kendaraan tercebur, ada yang adanya patah. Itu tidak terlalu banyak berisiko besar dalam rangka pengamanan dan pelaksanaan perjalanan Nataru 2023," kata Muhadjir Effendy.

Persiapan Lebaran Mendatang

Muhadjir Effendy menambahkan, untuk persiapan menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023 mendatang. Kekurangan yang terjadi pada arus mudik tahun lalu dapat diperbaiki, baik dari segi pelayanan maupun infrastruktur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya antrian panjang kendaraan yang ingin menyeberang dari Pelabuhan Merak.

"Lebaran kira kira 3, 4 bulan yang akan datang sudah harus kita persiapkan jauh jauh hari. Sehingga pengalaman tahun lalu dalam mengelola lalulintas Idul Fitri liburan lebaran tahun lalu itu bisa kita tingkatkan untuk tahun ini," tukasnya. (Arief Suseno)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال