Usulan Pencegahan Stunting Banyak di Angkat Dalam Musrenbang Di Balangan

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni di Paringin. Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan – Dalam beberapa kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan pada kecamatan-kecamatan di Kabupaten Balangan isu stunting menjadi hal yang prioritas dan banyak dibahas. Hal itu disampaikan Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni di Paringin, Sabtu (21/01/2023) tadi.

Dikatakan dirinya seperti di kecamatan Lampihong, Penurunan kasus stunting dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) paling banyak disuarakan oleh peserta Musrenbang, baik dari desa maupun tenaga pendamping ditingkat kecamatan.

“Jumlah usulan sekitar 223 usulan, baik itu infrastruktur jalan dan jembatan. Namun Pencegahan stunting mendominasi, usulan pencegahan diminta berupa kegiatan pemberdayaan baik itu pelatihan, penyuluhan hingga pemberian bantuan,” ungkap Rakhmadi Yusni.

Dirinya mengaku semua usulan yang masuk telah ditampung dan dicatat untuk selanjutnya dibawa ke Musrenbang lanjutan. Sesuai dengan alur, dikatakan Rakhmadi Yusni musrenbang diawal dari tingkat bawah yakni Desa dan kelurahan, kemudian ketingkat kecamatan hingga terakhir di tingkat kabupaten.

“Kita juga ingatkan kawan-kawan pemangku kepentingan, baik itu kades, lurah dan camat untuk mengawal program usulan yang sudah masuk agar bisa diprogram kan ditahun selanjutnya. Khususnya terobosan dalam pencegahan dan penanganan stunting,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال