Balangan Raih Penghargaan Dari Kemenkes Sebagai Daerah Bebas Frambusia

Kepala Dinas Kesehatan, PPKB Kabupaten Balangan Akhmad Nasa’i menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunawan Sadikin di Jakarta. (21/02/2023). Foto/Prokopim Setda Balangan


POS SINDO.COM, Balangan - Pemerintah Kabupaten Balangan berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten bebas Frambusia yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI karena dinilai menekan kemunculan penyakit pada kulit.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI Budi Gunawan Sadikin kepada Kepala Dinas Kesehatan, PPKB Kabupaten Balangan Akhmad Nasa’i mewakili Bupati Balangan pada acara penyerahan penghargaan kabupaten dan kota bebas Frambusia di Jakarta. (21/02/2023).

"Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan hasil kerja semua pihak, baik dari nakes puskemas, Pustu, poskesdes dan tentu juga atas arahan dan dukungan Bupati Balangan selaku kepala daerah ," ujar Kadis PPKB Kabupaten Balangan Akhmad Nasa’i

Frambusia sendiri adalah penyakit pada kulit yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallindum Pertenue dengan sebaran di wilayah tropis disebut juga patek, puru, buba, pian parangi dan ambalo.

Belakangan penyakit ini membuat pasien yang terkena, maka kulit nampak memerah dan terasa gatal-gatal. Bahkan penyakit ini bisa menular jika lambat disembuhkan. Tidak heran, Kabupaten Balangan dalam beberapa waktu terakhir sangat gencar melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi yang dilakukan pada masyarakat melalui berbagai layanan Kesehatan yang dimiliki. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال