BPBD Balangan Sosialisasikan Pencegahan Bencana Bagi Anak Sekolah

BPBD Balangan saat melakukan sosialisasi pendidikan aman bencana disalah satu sekolah , Rabu (08/2/2023) tadi. Foto/Dok.BPBD Balangan

POS SINDO.COM, Balangan - Masih dalam rangkaian program Sosialisasi dan Simulasi Pendidikan Aman Bencana (SPAB), kali ini BPBD Balangan menyasar para pelajar di MTsN 3 Balangan,
Rabu (08/2/2023) tadi.

Dalam kegiatan tersebut para siswa dan juga guru diberikan materi tentang Edukasi Ramah Anak Sekolah Aman dan Tangguh Bencana (GERAK SANTANA) beserta langsung dengan simulasi kebakaran lingkungan sekolah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Rahmadi,  mengatakan, materi yang disampaikan adalah terkait pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bahaya kebakaran, kemudian dilanjutkan dengan simulasi kebakaran di lingkungan sekolah.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam kegiatan simulasi terbagi dua yaitu untuk siswa dan guru. "Untuk siswa kami berikan simulasi jika terjadi kebakaran jangan panik, segera menjauh dari ruangan kelas jika mendengar alarm tanda kebakaran dan ikuti arahan guru, membawa peralatan yangg ada di meja (tas dan buku belajar)," jelasnya.

Selanjutnya ia juga menyampaikan, saat keluar ruang kelas jangan berhamburan, berhati hati jika ada teman yang terjatuh karena tersenggol, berkumpul untuk lakukan pengecekan terhadap teman, jika ada yang kurang atau terluka laporkan pada guru, serta tetap tenang dan ikuti arahan guru selanjutnya.

Sementara itu, untuk guru diberikan simulasi yakni jika mendengar alarm tanda kebakaran segera arahkan siswa -siswi untuk keluar kelas secara tertib dan jangan berdesakan, pastikan guru keluar paling terakhir setelah semua siswa keluar kelas.

"Lalu kemudian arahkan siswa untuk keluar satu persatu dan membawa barang masing masing menuju titik kumpul di lapangan terbuka sekolah, saat semua siswa terkumpul di titik kumpul lakukan pendataan ulang terhadap siswa," jelasnya.

Ia mengharapkan, melalui kegiatan simulasi langsung ini siswa dan guru paham dan mengerti dalam bertindak serta bersikap jika terjadi bencana, terutama dilingkungan sekolah. (Wahid)

Editor : Dedy



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال