Bupati Kapuas Sebut Food Estate Bawa Dampak Positif Bagi Petani

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat saat memaparkan kondisi pertanian pada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) saat berkunjung ke Kabupaten Kapuas beberapa waktu tadi. Foto/IST


POS SINDO.COM, Kuala Kapuas – Masuknya program nasional Food Estate atau Ketahanan Pangan di wilayah Kabupaten Kapuas dianggap memiliki dampak positif bagi Daerah, khususnya para petani yang ada di wilayah Kapuas. Hal tersebut disampaikan Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat.

“ Hal yang paling dirasakan langsung para petani di sekitar Food Estate menurut dirinya yakni dukungan serta infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, lampu penerangan jalan hingga pendampingan bagi petani. Tentu atas dukungan tersebut kita mengapresiasi dan merasa bangga bahwa Kabupaten Kapuas bisa menjadi kawasan ketahanan pangan nasional,” ungkap Bupati Ben Brahim.

Dilanjutkan Bupati Kapuas dua periode ini lagi, masuknya program Food Estate yang menggunakan anggaran pusat telah membawa perubahan signifikan bagi tata cara Bertani di Kapuas. Sentuhan alat-alat pertanian yang modern di nilai memberikan pemahaman baru cara Bertani yang efektif dan efisien tentang pemanfaatan lahan untuk lebih produktif.

“Sapras yang sudah sudah dibangun untuk mendukung Food Estate di Kapuas sangat luar biasa dari segi anggaran. Kalau hanya mengharap dana APBD Kabupaten tentunya tidak akan mampu membangun sebanyak ini. Mulai dari jalan dan irigasi hingga bantuan alsintan dan segala macam,” ujar Bupati Ben lagi.

Sebagai bentuk dukungan untuk Food Estate, Ben Brahim meminta kepada dinas terkait agar selalu memberikan informasi dan edukasi berkenaan tentang pengelolaan lahan dan penanganannya. Kemudian juga membangun komunikasi yang intens dengan pihak-pihak lainnya demi kelancaran Food Estate.

" Karena bantuan seperti alat pertanian yang telah disalurkan tentunya tidak semua masyarakat memahami sehingga diperlukan bimbingan agar penggunaannya dapat dilakukan secara maksimal, sehingga ke depan menjadi petani yang sukses dan mandiri," ungkapnya. (Glas)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال