Cegah Diabetes Dengan Obat Herbal Alami

Penyakit Diabetes atau gula berlebih bisa diatasi dengan obat herbal alami. Foto/Net


POS SINDO.COM, Ragam - Kencing manis atau yang bernama resmi diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah tinggi atau gula darah berkadar di atas normal. Penyakit yang berlangsung lama tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sejumlah organ tubuh, seperti ginjal, saraf, mata, jantung, lapisan kulit, dan pembuluh darah.

Memang, tubuh manusia membutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga, bahkan seluruh aktivitas kerja tubuh kita bergantung padanya. Akan tetapi, glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat pasifnya penyerapan sel tubuh dan berlebihnya konsumsi gula akan mengakibatkan risiko penyakit ini.

Makanya, diabetes perlu dikontrol agar tidak menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Biasanya, penanganan penyakit ini berujung pada obat-obatan dan bermacam terapi yang mengeluarkan banyak uang. Ditambah lagi, obat-obatan kimiawi terkadang dapat mengganggu kerja autoimun tubuh orang-orang yang sensitif terhadap obat tertentu.

Meski demikian, penyakit ini dapat dicegah dan diobati, terlebih lagi dengan obat herbal diabetes alami. Ada beberapa tumbuhan yang ternyata berkhasiat ampuh untuk mengatasi gejala diabetes dan indikasinya, yakni : 

1.Kunyit

Tidak cuma menjadi penyedap masakan, kunyit juga dianggap berpotensi sebagai obat herbal diabetes sebab membantu mengendalikan gula darah. Dengan mengonsumsi obat tradisional ini, kadar gula darah pengidap diabetes bisa turun hampir 18% setelah mengonsumsi 300 mg kunyit dalam bentuk obat herbal per hari.

Studi lain pada jurnal Diabetes Care menunjukkan konsumsi 1,5 gram kunyit setiap hari selama 9 bulan mencegah perkembangan penyakit diabetes tipe 2 pada orang yang mengalami Prediabetes.

Selain itu, kunyit dapat membantu mencegah terjadinya Komplikasi Diabetes. Semua manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kunyit. 

2. Jahe

Jahe termasuk jenis rempah-rempah yang populer karena manfaatnya yang melimpah, termasuk sebagai obat herbal diabetes. Penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine memperlihatkan jahe mampu mengurangi kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c.

Penelitian tersebut dilakukan pada 88 pasien diabetes yang mengonsumsi 3 gram jahe setiap hari selama 8 minggu. Khasiat jahe sebagai obat herbal diabetes tidak hanya itu saja. Jahe diketahui dapat mencegah peradangan yang menyebabkan komplikasi mata serta penyakit jantung akibat diabetes.

Namun, lagi-lagi hasil studi mengenai manfaat jahe sebagai obat alami diabetes masih terbatas. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dan keamanan jahe sebagai obat herbal kencing manis. 

3. Daun sirsak

Daun sirsak diketahui mengandung polifenol dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut bersifat antihiperglikemik, artinya dapat mengurangi laju pemecahan gula dari makanan menjadi lebih sederhana.

Hal ini memberi lebih banyak waktu untuk pankreas memproduksi insulin yang cukup untuk membantu penyerapan gula darah. Dengan kata lain, ekstrak daun sirsak berpotensi dapat mengendalikan kadar gula darah pada pasien diabetes

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai tanaman obat diabetes, Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara berikut. Meminum air rebusan daun sirsak.
Merebus daun sirsak dengan tanaman herbal lainnya, lalu tambahkan madu ke dalam air rebusannya.
Minum suplemen daun sirsak.

Walaupun begitu, masih diperlukan pengujian efektivitas daun sirsak sebagai obat herbal diabetes pada manusia. Penelitian saat ini masih terbatas dilakukan pada hewan.

Sumber : hellosehat.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال