Curah Hujan Tinggi, Jakarta dan Pemukiman Warga Di Bekasi Terendam Banjir

Salah satu ruas jalan perkampungan di Bekasi Jawa Barat tergenang air. Kendaraan besar terlihat menerobos banjir dijalan tersebut. Foto/IST

POS SINDO.COM, Nasional – Intensitas curah hujan tinggi sejak Kamis malam tadi (23/2/2023) hingga Jumat siang, mengguyur daerah DKI Jakarta dan Kabupaten Bekasi Jawa Barat hingga mengakibatkan banyak sejumlah titik terendam banjir.

Akibatnya tidak sedikit air masuk dan merendam ke area pemukiman rumah warga juga menggenangi ruas jalan disekitarnya. Salah satu desa yang terdampak banjir adalah di Kecamatan Pusakarakyat dekat Pasar Modern Harapan Indah, Bekasi Jawa Barat ini sejak malam tadi terendam banjir.

Kepada media ini, salah satu warga setempat Nofiyadi alias Juple pria berusia 34 tahun mengatakan, banjir yang terjadi hari ini dirasakan dirinya terjadi sejak malam tadi. Hal ini tentunya membuat segala aktivitasnya ikut terganggu.

Terlebih banjir yang menggenangi saung tempat tinggalnya bersama teman-teman dari komunitas vespa Scooterist Timur Jakarta (STJ) ini kata dia, disebabkan oleh luapan air dari danau yang sebelumnya bekas galian tanah merah.

Seperti diketahui danau tersebut diperkirakan tidak mampu menampung air ditambah curah hujan tinggi. Dari situlah air lebih mudah masuk kedalam saungnya dan juga pemukiman warga sekitar.

“Banjirnya si dari jam 10 malam. Untuk ketinggiannya baru di bawah dengkul sekitar betis orang dewasa,” ujar Juple saat dihubungi melalui via whatsaap (24/2/2023) Jumat pagi.

Menurut cerita singkatnya, hampir sebagian barang yang ada didalam saung tempat tinggalnya sudah banyak yang hanyut. Selain itu hampir sebagian jalan disekita juga sudah terendam dan banyak kendaraan sulit untuk melintas.

“Kalau banjir tidak kunjung surut tentunya banyak warga yang sulit untuk tidur nyenyak,“ Keluh Juple dari postingan status WhatsApp.

Titik Ruas Jalan Jakarta Juga Tegenang Banjir


Selain banjir yang merendam di perkampungan warga Bekasi Jawa Barat, sejumlah titik ruas jalan di Jakarta juga banyak yang tergenang air, tak terkecuali beberapa pemukiman.

Dikutip dari instagaram @dkiinfo, bahwa banjir sempat merendam di Jalan Kapuk Kamal Raya Jakarta. Tak sedikit banyak para pengguna jalan yang menggunakan kendaraan roda dua mengalami mogok.

Selain itu juga diruas jalan tersebut sempat terjadi tumpukan antrian kendaraan.

Sementara lainnya akibat terjadinya intensitas hujan tinggi membuat debit sungai yang ada di Jakarta mengalami kenaikan. Berdasarkan pantauan petugas poskobanjirdsda.jakarta dikabarkan pintu air Manggarai sudah mencapai 804 centimeter dan status siaga.

Tinggi banjir di Bekasi Jawa Barat yang mengenai jalan mencapai betis orang dewasa. Foto/IST

Hujan yang menguyur wilayah DKI Jakarta terpantau cukup tinggi. Menanggapi hal tersebut Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan bahwa ada sejumlah titik daerah setempat juga mengalami banjir.

Untuk wilayah yang terendam banjir saat hujan melanda sejak malam tadi hingga Jumat siang ini. Dari data per pukul 11.00 WIB , ada 21 RT terendam banjir dan 11 ruas jalan tergenang air.

“BPBD mencatat genagan yang sebelumnya terjadi di 5 ruaas jalan dan 10 RT, saat ini menjadi 11 ruas jalan tergenang dan 21 RT atau 0,069 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta” dikutip dari CNN Indonesia.

BPBD juga mengimbau kepada masyarakat khusunya di daerah DKI Jakarta, agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi hujan genagan air yang ada di sejumalah ruas jalan.(Arief Suseno)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال