Dewan Usulkan Program Bantuan Bibit Bagi Petani Sawit

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan,Hadinur. Foto/ IST

POS SINDO.COM, Seruyan -Anggota DPRD Kabupaten Seruyan mengusulkan bantuan bibit kelapa sawit unggul untuk para petani di wilayah setempat. Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Seruyan Hadinur, Kamis ( 22/02/2023) tadi.

Menurut dirinya kebanyakan petani yang berada daerah pemilihan (Dapil ) II yakni di Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk, cukup kesulitan untuk bisa mendapatkan bibit unggul atau berkualitas.

“Keluhan para petani sawit yakni sulitnya mendapatkan bibit yang berkualitas. Harganya yang mahal, mereka tidak punya akses untuk bisa mendapat pemasok yang benar-benar bisa menjamin kualitas bibit sawit yang bagus,” ungkap Politisi PDIP Seruyan ini.

Sebagai solusi, dirinya pun mendorong pemerintah bisa memberikan program bantuan pengadaan bibit kelapa sawit tersebut bagi kelompok tani yang memang membutuhkan. Sehingga dengan bantuan tersebut selanjutnya petani bisa semakin semangat untuk mengembangkan sektor perkebunan.

“Mungkin semacam stimulan bagi petani, sebab potensi sektor perkebunan ini sangat bagus dan bisa dirasakan langsung dampaknya bagi petani untuk membantu ekonomi mereka. Diberikan bibit kalau bisa juga dibantu pendampingan seperti penyuluh yang mengawal proses dan tata cara berkebun yang benar agar hasilnya tidak sia-sia,” ungkapnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال