Dinkes Balangan Rencanakan Bangun 13 Poskesdes

Kepala Dinkes Balangan, Akhmad Nasa'i,

POS SINDO.COM, Balangan - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan di tahun 2023 ini berencana akan melakukan pembangunan 13 Pos Kesehatan Desa ( Poskesdes). Pembangunan fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinkes Balangan, Akhmad Nasa'i, Kamis (09/2/2023) tadi. Dikatakan dirinya dengan pembangunan poskesdes tersebut masyarakat diharapkan bisa lebih mudah menjangkau fasilitas kesehatan pertama di desa masing-masing.

“Saat ini baru terdapat 140 Poskesdes, dengan pembangunan Poskesdes yang tersebar di 13 desa, maka seluruh desa yang ada di Kabupaten Balangan telah memiliki Poskesdes. Pembangunan Poskesdes, rencananya akan segera menyusul di Desa Ambakiang Kecamatan Awayan, dan Desa Anungian Kecamatan Halong dan Desa Balang Kecamatan Paringin,” ungkap dirinya.

Dilanjutkan pria kale mini keberadaan Poskesdes sangatlah membantu dan betul-betul diperlukan warga. Terlebih yang berada di desa dan lokasinya cukup jauh dari pusat kecamatan untuk menjangkau puskesmas. Selain itu, Dinkes Balangan tentunya menyediakan tenaga kesehatan yang bertugas. Jadi, setelah 13 Poskesdes dibangun, maka bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Setiap bangunan puskesmas memiliki anggaran yang beragam tergantung dari lokasi pembangunan. Anggaran yang disediakan sekitar Rp 200 juta per Poskesdes. Nanti anggaran tersebut tentu sudah untuk mendapatkan bangunan yang mendukung dalam pelayanan Kesehatan desa,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال