Disbudpora Kapuas Adakan Fetival TMPT Sambut HUT Kapuas Ke-72

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe. Foto/IST


POS SINDO.COM, Kuala Kapuas - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Kapuas yang ke 72 dan hari jadi kota Kuala Kapuas ke 217, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas bakal mengadakan berbagai lomba. Salah satunya Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung (TMPT).

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe, S.Sos mengatakan, pada tahun 2023 ini Disbudpora Kabupaten Kapuas mengadakan Festival TMPT. Festival ini dilaksanakan pada pertengahan Maret 2023 nanti, sekaligus dalam rangka HUT Kabupaten Kapuas ke 72 dan HUT kota Kuala Kapuas yang 217.

“Adapun dalam festival TMPT tersebut akan di isi dengan beberapa Lomba, seperti Jagau Linga- Bawi Kameloh , menyipet, karungut, tarian pedalaman, kuntaw (Lawang Sakepeng), balogo, bagasing. Semuanya adalah permainan tradisional yang harus kita lestarikan dan kembangkan. Sebenarnya masih banyak olahraga atau permainan tradisional lainnya yang bisa diperlombakan namun karena keterbatasan dana maka tidak semuanya bisa kita laksanakan,” ujar Agusthe.

Dikatakan Agusthe lagi dalam lomba tersebut bakal diikuti 17 Kecamatan se Kabupaten Kapuas dan dilaksanakan di Kuala Kapuas. Untuk tari Pesisir dan Karungut diadakan GOR Panunjunng Tarung, sedangkan lomba lainnya dilaksanakan di lapangan stadion Panunjung Tarung.

“Kegiatan dijadwalkan dimulai pada tanggal 12 Maret – 18 Maret 2023. Selain itu nanti juga akan ada upacara ritual Mamapas Lewu dan Laluhan. Semoga semua kecamatan yang kita undang bakal mengirim perwakilannya untuk bisa menjaring pelaku kesenian lokal serta juga ikut mendukung memeriahkan HUT Kapuas tercinta ”tukasnya. (Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال