Dokter Spelialis KK Rumah Sakit Daerah Kapuas Edukasi Penyakit Skabies Lewat Radio Pemkab


Dokter spelialis kulit dan kelamin dari RSUD rumah sakit Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Aryo Sudrajad, Sp.KK saat siaran di Radio Pemkab kapuas. Foto/IST


POS SINDO.COM, Kuala Kapuas – Untuk mengedukasi masyarakat tentang Kesehatan kulit dan kelamin, Senin (13/02/2023) tadi, dokter spelialis kulit dan kelamin RSUD Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Aryo Sudrajad, Sp.KK, didampingi Pengelola Promkes RSUD Kapuas, Popo Subroto, SKM, M.I.Kom melakukan dialog di Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) di frekuensi 91,4 FM.

Dalam siaran tersebut dr. Aryo Sudrajad, menjelaskan tentang penyakit kulit Skabies yang mana merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi dan sensitisasi Sarcoptes scabiei var. hominis. Sarcoptes scabiei. Penyebabnya karena infestasi dan sensitisasi terhadap tungau beserta produknya. Penyakit Skabies dapat menyebar dengan cepat pada kondisi ramai dimana sering terjadi kontak tubuh.

“Skabies seringkali diabaikan karena tidak mengancam jiwa sehingga prioritas penanganannya rendah. Akan tetapi, penyakit ini dapat menjadi kronis dan berat serta menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Lesi pada skabies menimbulkan rasa tidak nyaman karena sangat gatal sehingga penderita seringkali menggaruk dan mengakibatkan infeksi sekunder,” ungkap dr. Aryo Sudrajad.

Sebagai pencegahan dan pengobatan secara umum dirinya juga mengingatkan masyarakat agar rutin menjaga kebersihan diri. Jika sudah terlanjur kena, maka Mandi dengan air hangat dan keringkan badan.

“Pengobatan menggunakan obat salep dari dokter spesialis kulit yang dioleskan di seluruh kulit yang terkena, kecuali wajah, sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur, Menghindari menyentuh mulut dan mata dengan tangan, Segera ganti pakaian, handuk, sprei yang digunakan, dan selalu cuci dengan teratur, bila perlu direndam dengan air panas, karena tungau akan mati pada suhu 130 oC,” jelasnya. ( Dar)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال