Dorong Peningkatan Hasil Pertanian, Legislator Seruyan Usul Pelatihan Bagi Tenaga PPL

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Argiansyah. Foto/IST

POS SINDO.COM, Seruyan – Untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah Seruyan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Argiansyah mengusulkan agar bisa dibentuk semacam Pelatihan untuk tenaga Penyuluh Pertanian (PPL). Hal tersebut disampaikan dirinya pada Kamis (23/02/2023) tadi.

Diungkapkan legislator PDIP Seruyan ini lagi, jika saat ini keberadaan penyuluh dianggap masih belum maksimal dalam menangani beberapa kendala pertanian yang dihadapi para petani. Misalnya ketika ada hama-hama tertentu yang menyerang tanaman, pencegahannya dianggap terlalu lama.

“Kemudian belum lagi jika petani mengalami kendala dalam memperoleh akses sapras pertanian, misalkan pupuk. Padahal seharusnya PPL itu bisa membantu mencarikan jalan keluarnya dengan cepat agar proses penggarapan lahan pertanian saat ini bisa tetap berjalan,” ungkap Argiansyah.

Dengan memberikan pelatihan bagi PPL maka dirinya yakin kemampuan dalam menganalisa masalah yang ada lapangan bisa dilakukan dengan cepat. Sehingga petani pun bisa banyak bergantung pada PPL.

“Karena dengan mendorong kemampuan PPL itu sama artinya kita mendorong peningkatan kapasitas pendampingan bagi petani di Seruyan. Sebab permasalahan pertanian ini setiap tahunnya selalu beragam dengan masalah baru, sehingga pemecahan masalahnya juga harus intensif,” ujarnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال