Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura Gali Potensi Bumdes melalui Kegiatan PKM

Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura di Kantor Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang Sabtu (25/02/2023) tadi. Foto/IST

POS SINDO.COM, Ketapang – Sebagai penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen dan mahasiswa. Sejumlah Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kantor Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang Sabtu (25/02/2023) tadi.

Dalam PKM di Desa Kalinilam, pihaknya mengambil Tema “Penguatan Ekonomi Desa Melalui Bumdes di Desa Kalinilam Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang”. Tema tersebut diangkat karena Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dianggap menjadi program strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang ada di pedesaan.

Hadir dalam kegiatan PKM Pj. Kades Kalinilam dan jajarannya, Kades Sukabangun, Pj. Kades Payak Kumang, Dirut Bumdes Kalinilam, Dirut Bumdes Sukabangun, Dirut Bumdes Payak Kumang, Masyarakat binaan bumdes, serta tokoh masyarakat. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Camat Delta Pawan, Pejabat Fungsional Dinas PMPD, Dosen serta Mahasiswa MIE FEB Untan.

Camat Delta Pawan melalui oleh Kasi Ekbangkesos Darno, SE mengaku sangat menyambut baik kegiatan PKM dan berharap hasil kegiatan dapat langsung diterapkan oleh bumdes yang ada di Kecamatan Delta Pawan.

Sementara itu Pj Kades Kalinilam Murzani, S.Sos mengaku senang, menurutnya dipilihnya desa kalinilam dijadikan salah satu lokasi kegiatan PKM adalah hal yang baik. Ia berharap bumdes desa kalinilam maju dan mandiri.
 

Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura Gali saat memaparkan Potensi Bumdes melalui Kegiatan PKM. Foto/IST

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) saat itu di buka oleh Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura Dr. Meiran Panggabean, SE. M.Si.

Dalam sambutannya ia menyampaikan jika Mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi FEB Untan harus bisa menggali potensi yang bisa dikembangkan oleh Bumdes dalam upaya peningkatan ekonomi desa dan menekankan permodalan bumdes oleh Desa harus sesuai aturan yang berlaku.

“ PKM yang dilaksanakan diharapkan berkontribusi dalam penguatan ekonomi desa melalui bumdes kalinilam melalui terobosan-terobosan dengan menggali potensi dan keunggulan yang ada,” terangnya.

“ Kontribusi ini sejalan dengan Visi Misi FEB Untan untuk Meningkatkan budaya publikasi dan prestasi ilmiah melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berlandaskan kearifan lokal Kalimantan Barat,” ujar Dr. Meiran Panggabean, SE. M.Si. lagi.

Sementara itu salah satu Narasumber Dirut Bumdes Nilam Indah dari Desa Kalinilam Rahimi, SH menyatakan dengan adanya bumdes memberikan dampak positif bagi dalam meningkatkan daya beli masyarakat dan membantu pengembangan usaha masyarakat.

“Sehingga akan meningkatkan ekonomi desa. Terobosan yang dibuat bumdes desa kalinilam kedepannya adalah membentuk bumdes-mart, biro perjalanan dan wisata buatan seperti water boom dan agro wisata,” tukasnya. (Bayak)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال