Gandeng Pelaku UMKM Daerah, Cara Erick Thohir Hidupkan Ekonomi Berkelanjutan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto/Net

POS SINDO.COM, Ekonomi -Untuk membangun sistem ekonomi berkelanjutan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggandeng pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di daerah. Menurut Erick, kolaborasi bersama pihak swasta dan UMKM bisa menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi nasional di angka lima persen.

"BUMN kini turut menggandeng pihak swasta hingga UMKM untuk membangun ekosistem ekonomi yang sustainable," kata Erick Thohir, Senin (6/2).

Selama kepemimpinan mantan Presiden Inter Milan ini di Kementerian BUMN, banyak kolaborasi yang memberikan dampak positif.

Contohnya menggalakkan program untuk menunjang pertumbuhan UMKM di Indonesia. Program ini di antaranya adalah KUR, Mekaar, Sembrani Fund, Pasar Digital UMKM bahkan Rumah BUMN.

Program-program tersebut memberikan bantuan pendanaan, pendampingan hingga pasar. Sehingga sektor UMKM dapat berkembang membangun ekosistem ekonomi yang berkelanjutan.

Berdasarkan data pemerintah, jumlah UMKM di tanah air mencapai sekitar 65 juta pelaku dan menyumbang 62 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) atau senilai Rp8.574 triliun. Angka tersebut terbukti mampu menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Sedangkan di sektor perusahaan swasta, BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir banyak melakukan kerja sama. Di antaranya adalah kerja sama dengan sejumlah perusahaan rintisan dalam kelas dunia.

“Di samping itu masih banyak perusahaan swasta yang bekerja sama dengan Kementerian BUMN agar pembangunan ekosistem ekonomi Indonesia secara berkelanjutan terwujud. Kami mematahkan image BUMN sebagai menara gading," pungkasnya. (Redaksi)

Sumber : Merdeka.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال