Jalan -Jalan Sambil Berwisata ke Sekitar Jembatan Kahayan, Palangka Raya

Jembatan Kahayan yang ada di Kota Palangka Raya, provinsi Kalimantan Tengah saat ini merupakan salah satu tujuan kunjungan wisata. Foto/Net

POS SINDO.COM, Wisata – Jika anda berkunjung ke Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah. Anda bisa mencoba jalan-jalan sekaligus berwisata ke Sekitar Jembatan Kahayan.

Jembatan Kahayan pertama kali dibangun pada 1995 silam dan selesai pada tahun 2001, saat itu peresmian dilakukan sangat meriah dengan mendatangkan Presiden saat itu Megawati Soekarno Puteri. Jembatan ini memiliki peran yang vital bagi perkembangan ekonomi dan kehidupan sehari-hari bagi warga kalteng.

Jembatan tersebut hanya berjarak sekitar 14 km dari Bandar Udara Tjilik Riwut, bentuknya lurus membentang di atas Sungai Kahayan dengan panjang mencapai 640 meter dan lebar 9 meter. Jembatan Kahayan menjadi Penghubung Kota Palangkaraya menuju sejumlah kabupaten yang ada di daerah aliran sungai barito.

Kawasan bawah Jembatan Kahayan memang cocok untuk bersantai, karena memang dihangun juga sebagai kawasan wisata sungai, sehingga dilengkapi dengan sarana penunjang.

Di jembatan ini, pengunjung bisa melihat kehidupan masyarakat asli Kalimantan Tengah yang bergantung pada sungai. Wisata Palangkaraya ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menanti matahari terbenam, dengan latar pemandangan jembatan yang megah.

Berlokasi di dekat Jembatan kahayan, masyarakat dapat masuk melalui Tugu Soekarno, lalu melanjutkan dengan jalan kaki menapaki sejumlah papan kayu menuruni anak tangga.

Taman Pasak Kameloh

Tidak jauh dari lokasi bawah jembatan Kahayan, anda bisa berkeliling ke Taman Pasuk Kameloh. Lokasinya tepat dipinggir bawah jembatan Kahayan. Tidak dipungut biaya apapun masuk ke Taman wisata ini, anda hanya membayar biaya untuk parkir.

Taman Pasuk Kameloh yang berada tidak jauh dari jembatan kahayan Kota Palangka Raya ini akan ramai saat sore hingga malam. Foto/Net

Taman Pasuk Kameluh akan selalu ramai dikunjungi ketika sore menjelang, banyak keluarga yang mengantar anak-anak untuk bermain di sekitar taman. Tak sedikit pula dari muda mudi yang menghabiskan waktu senja mereka dengan menikmati alam di sekitar Taman Pasuk Kameluh.

Taman kameloh biasanya menjadi lokasi untuk berfoto selfi dan menikmati pemandangan sore hari. Beberapa fasilitas juga tersedia mulai dari area parkir kendaraan, Toilet, Wifi gratis, Masjid, Tempat duduk hingga masjid.

Wisata Kuliner

Usai berkeliling di taman Pasuk Kameloh anda bisa begeser menikmati wisata kuliner yang berada persis dibawah jembatan Kahayan. Lokasi ini diisi para pedagang makanan lokal.

Wisata Kuliner di Bawah Jembatan Kahayan. Foto/ obaiputra.blogspot.com

Para pedagang menjual berbagai menu makanan dengan harga yang terjangkau. Mulai dari makanan berkuah, hingga lalapan tersedia di wisata kuliner bawah Jembatan.

Biasanya lokasi ini akan ramai menjelang sore hari, selain harganya yang terjangkau lokasinya yang berada di pinggr sungai menjadi kesan unik bagi para pengunjung.

Sumber : palangkaraya.go.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال