Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bisa Jadi Peluang Tambah Cuan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Hadinur. Foto/IST

 
POS SINDO.COM, Seruyan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Hadinur pada Jumat (24/02/2023) mengajak masyarakat, untuk bisa kreatif mengolah lahan pekarangan dan lahan tidur di sekitar rumahnya agar bisa bermanfaat bagi keluarga.

“Misalnya dengan memanfaatkannya menjadi lahan kebun sayur, kolam ikan atau beternak Ayam. Sehingga menjadi nilai tambah bagi keluarga. Sayur dan ikan yang di hasilkan bisa untuk untuk konsumsi keluarga. Asupan gizi keluarga menjadi tercukupi dan uang untuk bulanan untuk belanja bisa ditabungkan,” ujar senator PDIP Seruyan ini.

Di katakan Hadinur lagi, jika ketersediaan lebih luas, masyarakat bisa menjadikan sebagai tambahan pemasukan dengan melakukan pemanfaatan yang lebih serius. Misalnya untuk dijual ke pasar. Jika memang memerlukan bibit hingga bimbingan, masyarakat bisa minta dampingan desa atau penyuluh setempat.

“Biasanya di desa itu kan ada penyuluh pertanian atau perikanan. Nah, bisa berkonsultasi kesitu. Minta bimbingan bagaimana agar hasil dari kebun sayur atau kolam bisa menghasilkan. Di era sekarang kita harus bisa membaca peluang, khususnya dengan pemantaan lahan yang dimiliki,” jelas dirinya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال