Peran CU Dalam Menggerakan Ekonomi Masyarakat Jadi Program PKM Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi, FEB Universitas Tanjung Pura

Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura, bersama KSP CU Pancur Solidaritas, jumat (24/02/2023). Foto/IST


POS SINDO.COM, Ketapang - Dalam rangka pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat (PKM), pada hari jumat (24/02/2023) bertempat di Hotel Aston ketapang. Dosen Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura, telah berkolaborasi bersama KSP CU Pancur Solidaritas.

Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini sendiri merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan amanah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut di narasumberi oleh Dr. Afrizal, SE., M. Si dan Dr. Rosyadi, SE., M. Si dengan tema “Peran Credit Union Dalam Meningkatkan Ekonomi Kemasyarakatan.” Dalam kegiatan yang di moderator oleh F. Alkap Pasti yang juga Wakil Ketua Pengurus CUPS, Dr. Afrizal, SE., M. Si yang merupakan salah satu dosen FEB UNTAN ini Menyampaikan tentang bagaimana peran CU di Kalimantan Barat secara signifikan turut mengembangkan ekonomi masyarakat.

“Kita tentu Sangat mengapresiasi, peran Credit Union selama ini yang telah berpartisipasi dalam menggerakkan ekonomi masyarakat Kalimantan Barat dengan pelayanan dan pemberdayaannya” ungkap Dr. Afrizal, SE., M. Si. 

Prodi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjung Pura saat menerima penghargaan dalam kegaitan PKM. Foto/IST

Sementara itu Dr. Rosyadi, SE., M. Si selaku ketua Prodi Magister Ilmu Ekonomi FEB UNTAN mengaku jika pentingnya menjaga trust bagi Gerakan Credit Union. Menurutnya Bisnis di lembaga keuangan seperti CU ini penting sekali dibangun dan dijaga trust anggota nya.

“Jangan sampai anggota sebaliknya anggota justru distrust, nah salah satu kiat menjaganya adalah seperti yang teman-teman CUPS lakukan saat ini yaitu dengan melaksanakan RAT sesuai dengan amanat dan aturan undang-undang, saya berharap dan yakin CUPS yang teman-teman bangun ini akan berkembang, apalagi SDM nya terus ditingkatkan salah satunya dengan mengikuti studi Magister yang tengah berlangsung ini” tukasnya.

Peserta PKM dalam kegiatan tersebut yakni para anggota KSP CUPS yang mewakili 13 Kantor Cabang dan 6 Kantor Kas. Kegiatan itu juga dihadiri juga oleh semua Pengurus, Pengawas dan Penegelola KSP CU Pancur Solidaritas, Dosen da mahasiswa Angkatan 28 MIE FEB Untan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambahkan wawasan anggota tentang peran Credit Union sebagai lebaga pemberdayaan dalam upaya membantu meningktakan kesejahteraan anggota secara khusus dan masyarakat pada umumnya.

PKM yang dilaksanakan tersebut diharapkan koperasi mampu berperan signifikan dalam pengembangan masyarakat sehingga timbul trust, sehingga harapan peningkatan ekonomi di masyarakat dapat tercapai sesuai dengan yang di harapkan bersama. (Bayak)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال