PSSI Akan Bangun 8 Lapangan Training Center Di IKN

Presiden Jokowi (Tengah) saat mengintruksikan kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Kiri) juga Menteri PUPR  (Kanan) saat mengintruksikan pemilihan lokasi training center di IKN. Foto / Screnshot Instagram @jokowi.

POS SINDO.COM, Nasional – Usai ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai ibu kota negara Republik Indonesia (RI), dan rencanaya diresmikan pada Agustus 2024 mendatang. Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) kembali memutuskan untuk membangun 8 lapangan training center.

Pada sebelumnya Jokowi bersama Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta pihak terkait lainnya telah meninjau langsung titik lokasi tanah yang nanti akan di lapangan tersebut.

Presiden Jokowi dalam unggahan instagram resminya @jokowi mengungkapkan, bahwa kawasan IKN akan memiliki pusat latihan atau training center untuk mendukung persepakbolaan Indonesia. Disana akan dibangun setidaknya delapan lapangan sepak bola dan diharapkan selesai dalam satu tahun ke depan.

“Pembangunan lapangan sepak bola tersebut akan dibiayai oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Sementara itu, sebanyak 22 stadion sepak bola di Indonesia telah diaudit dan dievaluasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” jelasnya pada tulisan ungahannya tersebut Jumat (24/2/2023).

Dari hasil audit dan evaluasi itu, jelas Jokowi terdapat 5 stadion yang kondisinya rusak berat, kemudian 13 stadion rusak sedang, dan 4 stadion rusak ringan. Seluruh stadion tersebut rencananya akan dibongkar, dan dilakukan renovasi berat maupun ringan. ada yang direhabilitasi, ada juga yang hanya membutuhkan renovasi ringan.

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui unggahan instagram resminya @erickthoir mengungkapkan, bahwa Presiden Jokowi sudah memutuskan pembangunan training center untuk pusat latihan sepak bola di tengah kota IKN. Ada 8 lapangan yang rencananya segera dibangun.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi, dan ini kami bersama exco PSSI tentunya sebuah kehormatan yang luar biasa. Setelah presiden sudah memutuskan pembangunan training center ditengah kota. Ini merupakan sesuatu yang kami pastikan akan selesai segera,” ujar Erick Thohir dalam unggahan video singkatnya.

Dirinya menjelaskan, pembangunan training center ini PSSI juga telah berkoordinasi dengan FIFA terkait dana untuk pembangunannya dan tinggal memlih lokasi tempatnya. “Jadi insyaallah kita bangun segera, sebagai selanjutnya nanti kita juga mengajak pelatih Shin Tae-young kesini untuk langsung menengok titiknya,” ujarnya. (Arief Suseno)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال