Dewan Dukung Produk UMKM Kapuas Bisa Naik Level

Anggota DPRD Kapuas, H. Ahmad Zahidi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Kuala Kapuas – Banyaknya Pelaku Usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM yang ada di kabupaten Kapuas diharapkan melahirkan produk lokal yang mampu bersaing dengan produk dari luar. Harapan tersebut disampaikan Anggota DPRD Kapuas, H. Ahmad Zahidi pada Kamis (2/03/2023) tadi.

Dikatakan senator Fraksi PAN ini, dalam mendukung hal tersebut maka diperlukan campur tangan pemerintah melalui dinas terkait sebagai fasilitator. Terutama dalam melakukan pendataan pelaku usaha serta pendampingan dan pemasaran produk dari hasil UMKM.

“Dalam hal ini pemerintah daerah memiliki kewajiban dalam hal memfasilitasi para pengrajin lokal yang berkarya baik itu dalam bentuk barang maupun makanan. Kemudian juga membantu pemasaran segala produk olahannya yang dihasilkan para perajin baik skala rumahan maupun yang di produksi melalui sentra UMK,” ujar Zahidi.

Dirinya juga mendukung hadirnya semacam gerai yang khusus menampung berbagai produk olahan para pelaku UMKM di Kapuas. Sehingga, selain bisa membuat pruduk bertahan lebih lama keberadaan gerai juga akan membuat harga produk naik kelas.

“Pelaku usaha lokal misalkan pengerajin olahan buah, bisa mendapatkan harga yang pantas dalam produknya. Kemudian juga walaupun tidak musim lagi, produk olahan tetap bisa dinikmati. Selain itu, bisa menjadi brand produk unggulan daerah. Innovasi-inovasi seperti ini harus kita dorong untuk memajukan ekonomi kabupaten,” tukasnya. (Dar)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال