Dewan Sebut Pentingnya Produk Unggulan Daerah

Anggota DPRD Seruyan dari Partai Gerindra, Muhtadin. Foto/IST

POS SINDO.COM, Seruyan – Rencana pemerintah daerah untuk memunculkan produk unggulan daerah mendapat tanggapan yang positif dari Anggota DPRD Seruyan dari Partai Gerindra, Muhtadin. Dirinya pada Jumat (10/03/2023) tadi menyebut jika produk unggulan harus memiliki ciri khas dan identik dengan kearifan lokal yang ada di masyarakat Seruyan.

“Kalau bisa kriterianya adalah produk olahan, bisa diperbanyak dan bahan bakunya banyak di Seruyan. Misalkan saja ya, seperti produk kerupuk, amplang, terasi, abon ikan, abon daging, terasi, cincalu, beras merah hingga beras ungu,” tukas dirinya.

Dirinya pun mencontohkan beberapa wilayah di Jawa, dianggap cukup kreatif dalam mengolah berbagai aneka hasil alam dan bumi yang dimiliki. Misalnya sebut Muhtadin, ada daerah yang rutin memproduksi aneka camilan dari buah dan menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut.

"Untuk itu masalah produk unggulan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah atau kelompok tani saja. Namun harus menyeluruh untuk warga Pulang Pisau. Terutama peran para sarjana, mahasiswa serta pemuda putra daerah yang berjiwa kreatif bisa ikut bicara. Kita berharap pemuda kita pun bisa seperti itu, terserah nanti produk apa yang dihasilkan. Jenis kulinerkah, pertaniankah, olahan kah," tukas jelas Muhtadin (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال