DKI Jakarta Kembali Raih Penghargaan Adipura

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, saat memberikan piagam penghargaan kategori hutan kota terbaik. Foto/IST

POS SINDO.COM, JAKARTA – Provinsi DKI Jakarta kembali meraih gelar penghargaan Adipura 2023 untuk tingkat kota dan kabupaten. Capaian tersebut merupakan sebuah prestasi yang gemilang dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengapresiasi atas capaian yang bisa dibanggakan oleh seluruh warga DKI Jakarta.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Penjabat Gubernur atas arahannya, para Walikota, Bupati, para Camat dan Lurah, beserta jajaran Suku Dinas Lingkungan Hidup, maupun seluruh warga DKI Jakarta sebab diterimanya penghargaan Adipura ini tentu tidak lepas dari kerja keras dan kerja nyata setiap pihak yang terlibat,” ucap Asep Kuswanto, (28/2/2023).

Seperti diketahui untuk prestasi yang di raih DKI Jakarta yaitu empat Anugerah Adipura, dua Sertifikat Adipura, dan satu Plakat Adipura. Untuk Anugerah Adipura diterima oleh Kota Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Sementara lainnya seperti Sertifikat Adipura diterima oleh Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu, sedangkan Plakat Adipura diterima oleh Jakarta Selatan dengan Tebet Eco Park nya sebagai Taman Kota Terbaik.

Asep Kuswanto menambahkan, bahwa peningkatan penghargaan Adipura yang diterima oleh Provinsi DKI Jakarta ini menjadi salah satu bukti keseriusan semua pihak dalam menggarap isu lingkungan hidup dan pengelolaan sampah dalam kewenangannya masing-masing.

"Seperti dengan adanya implementasi Pergub 77 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga yang menjadi tonggak berdirinya Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) di setiap RW. BPS RW inilah yang melakukan pengurangan dan pemilahan sampah di sumber dengan sistematika pengangkutan terjadwal dan terpilah," jelasnya.

Selain itu BPS RW kata Asep Kuswanto juga membangun bank sampah untuk mengelola sampah material daur ulang, melakukan pengolahan sampah organik atau sampah mudah terurai melalui komposting, biokonversi maggot BSF, dan eco-enzyme.

Berikut capaian Adipura DKI Jakarta dari tahun ke tahun:

2012: empat Anugerah Adipura, 2013: tiga Anugerah Adipura, 2014: tidak memperoleh, 2015: tidak memperoleh, 2016: satu Anugerah Adipura, 2017: dua Anugerah Adipura dan dua Sertifikat Adipura, 2018: dua Plakat Adipura, yaitu Jakarta Selatan untuk pasar terbaik dan Jakarta Timur untuk hutan kota terbaik, 2019 - 2021: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak mengumumkan penghargaan Adipura dikarenakan pandemi COVID-19. (Arief Suseno)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال