Hadiri Rakornas Penanggulang Bencana Di Jakarta, Pemkab Balangan Akan Jalankan Intruksi Presiden

 
Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi saat bersama Bupati Balangan H Abdul Hadi di Rakornas Penanggulangan Bencana (PB) tahun 2023 di Jakarta, beberapa waktu tadi. Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan mengikuti kegiatan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) tahun 2023 di Jakarta, Kamis awal bulan maret tadi. Dalam acara tersebut sejumlah arahan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada peserta yang hadir, untuk agar ditindaklanjuti oleh daerah masing-masing.

Dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi, Senin (6/03/2023) jika arahan Presiden dalam Rakornas PB tersebut ada tujuh point terkait penanggulangan bencana. Salah satunya dikatakan H Rahmi menekankan kepada daerah untuk memprioritaskan kesiagaan dan kewaspadaan masyarakat, pengelolaan tata ruang dan perizinan pembangunan harus berbasis mitigasi bencana.

“Kemudian daerah juga didorong untuk mengindentifikasi bencana, menyiapkan anggaran yang memadai serta gunakan dana bersama untuk melindungi masyarakat, yaitu menyederhanakan aturan untuk mempercepat pelayanan masyarakat dan yang terakhir mengontrol dengan ketat seluruh upaya penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Kemudian dikatakan dirinya lagi Presiden juga menekankan tentang pentingnya antisipasi bencana. Yakni melakukan peringatan dini, edukasi masyarakat melalui sosialisasi, latihan serta simulasi, kemudian memperhatikan kontruksi bangunan.

“BPBD dan Pemda selaku ujung tombak penanggulangan bencana juga diminta agar selalu mengindentifikasi bencana serta menyiapkan anggaran. Kemudian agar daerah memasukkan risiko bencana dalam rencana pembangunan dan investasi, segera salurkan bantuan jika terjadi bencana, serta regulasi kebencanaan disederhanakan,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال