Peringatan Hari Satwa Liar Sedunia, Upaya Jaga Keanekaragaman Hayati Keberlanjutan

Salah satu satwa dilindungi Bekantan (Nasalis larvatus). Foto/ BKSDA Kalsel

POS SINDO.COM, Nasional – Tepat 3 Maret 2023, Hari SatwaLiar Sedunia atau Word Wildlife Day menjadi salah satu sejarah panjang di muka bumi dalam memperjuangkan pelestarian sejumlah hewan langka.

Peringatan yang mengusung tema Kemitraan untuk konservasi keanekaragaman hayati (Partnership for Wildlife Conservation) diharapakan bisa memberikan kesempatan kepada semua pihak dalam sebuah perubahan lebih baik, serta memberikan kontribusi terhadap keberlanjutan dalam menjaga alam dan satwa-satwa teracam punah.

Diketahui pada tahun ini adalah tepat peringatan yang ke-50 sejak berdinya CITES/ atau Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang terancam punah di tahun 1973. Hal ini tentu menjadi acuan dalam melindungi dan melestarikan hidupan liar serta bersama-sama menghargai alam.

Rangkuman media ini, sejatinya Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati dan ragam flora fauna. Sangat disayangkan apabila kerusakan alam yang merupakan habitat mereka (satwa liar) masih sering terjadi.

Konflik antara manusia dan hewan di sejumlah daerah menjadi catatan penting yang semestinya harus disudahi dengan cara berbagi ruang dengan para satwa.

Kebakaran hutan hingga alih fungsi lahan adalah salah satu penyebab terjadinya kepunahan satwa dilindungi. Selain itu kerap terjadinya perburuan satwa yang masuk kategori terancam punah menjadi momok yang memilukan.

Pada tema peringatan Hari Satwa Liar, banyak kesempatan semua pihak bekerja sama memberikan kontribusi yang siginifikan terhadap keberlanjutan dalam menjaga terhadap kelestarian, satwa liar, dan konservasi keanekaragaman hayati. (Arief Suseno)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال