Permintaan Ekspor Turun, Harga Porang Di Balangan Anjlok Kisaran 4 ribu Perkilo

Kepala Dinas Ketahan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan Tuhalus, Foto/IST

POS SINDO.COM, Balangan – Belakangan komoditi umbi Porang di wilayah Kabupaten Balangan mengalami penurunan harga. Dari yang awalnya harga umbi porang berada di harga 9 hingga 10 ribu perkilo saat ini jatuh dikisaran 4 ribu rupiah saja.

Penurun harga tersebut, dikatakan Kepala Dinas Ketahan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan Tuhalus dilatarbelakangi turunnya permintaan ekspor dari luar negeri yang memang selama ini jadi andalan untuk menyerap produksi Porang.

“Porang ini diluar negeri diolah menjadi tepung untuk Industri Makanan dan minuman dengan negara konsumen tepung yang cukup besar ke Jepang, Taiwan dan Singapura. Nah saat itu terjadinya penurunan permintaan yang menyebabkan harga turun,” ungkap Tuhalus.


Pemerintah dikatakan dirinya terus berusaha menjaga harga produksi umbi porang, salah satunya dengan meminta petani untuk mengolah porang dalam bentuk chip sehingga dapat mempengaruhi harga dan memudahkan dalam proses menjualnya.

"Bahkan ada rencana pada anggaran tahun 2023 perubahan nanti kita akan lebih fokus ke pengolahan hilirisasi porang, dengan mengadapakan alat pencuci porang kemudian chip dan open. Mudah-mudahan seiring waktu permintaan ekspor akan kembali normal lagi,” tukas dirinya. (Wahid)

Editor : Dedy



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال