Tekan Konfik Lahan, Dewan Dorong Pemkab Di Minta Lakukan Inventarisir Lahan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Argiansyah. Foto/IST

POS SINDO.COM, Seruyan – Untuk mengurangi terjadinya konflik dan sengketa lahan di lapangan, baik antara masyarakat dengan perusahaan ataupun sesama masyarakat. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Argiansyah menimbau pemerintah daerah untuk melakukan inventarisir kawasan yang dinilai berpotensi sengketa.

“Untuk menghindari kasus sengketa lahan antara masyarakat dengan korporasi. Maka pemerintah sebaiknya bisa melakukan pola pendekatan yang lebih baik lagi dalam penyelesaikan kasus tersebut,” ungkap Politisi PDIP Seruyan, Rabu (08/3/2023) tadi.

Masih dilanjutkan Argi, pemerintah sebagai leading sektor yang sah seharusnya jauh-jauh hari melakukan inventasir untuk menandai wilayah-wilayah yang sengketa. Pengumpulan data dilakukan secara akurat, khususnya dengan melibatkan Camat atau Kepala desa. Sehingga ketika terjadi konflik, mediasi bisa segera dilakukan.

“Kalau sudah tahu akar masalahnya, maka akan cepat selesainya. Ini yang sering terjadi sampai berlarut-larut karena pemerintah terkesan abai dan lamban. Masyarakat ini tidak biasa menunggu. Karena itu harapan kami, pemkab harus lebih peka terhadap cara penganan kasus sengketa,”tutupnya.(Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال