Dicintai Warga, Gaguk Di Demo Agar Maju Kembali Di Pilkades Kaliasri, Malang

Kepala Desa Kaliasri, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang bernama Gaguk didemo oleh ribuan warganya agar diminta maju pemilihan kades untuk kedua kalinya. Foto/IST

POS SINDO.COM, Ragam - Tidak banyak sosok Kepala Desa (Kades) yang benar-benar dicintai warganya. Kades Kaliasri, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang bernama Gaguk adalah salah satu contohnya. Pria kelahiran 1972 ini, Kamis (23/2) pagi didemo oleh ribuan warganya.

Gara-garanya, Gaguk menolak keinginan masyarakatnya agar menjabat Kades Kaliasri untuk kali yang kedua. Aksi demo simpatik ini mendapat penjagaan ketat dari ratusan personel Polres Malang dan TNI.

Aksi demo ini secara umum membuktikan jika suhu politik di desa jelang ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Malang pada 14 Mei 2023 ini memanas. Bos tebu tersebut dianggap sukses menorehkan prestasi besar sebagai kades di mata warganya.

Selama menjabat di periode pertama, dia tidak mau mengambil gaji. Hasil dari pemanfaatan lahan bengkok seluas lebih kurang 12 hektare juga tidak dipakai untuk kepentingan pribadinya. Sekilas, tampak Gaguk memang jauh dari kesan formal sebagai sosok kades. Misalnya, untuk ngantor, dia nyaris tidak pernah berseragam.

Selain itu untuk menuju kantor desa dari rumahnya yang berjarak lebih kurang 500 meter, dia memilih naik sepeda onthel.

Salah satu warga desa, Mujianto, 53, mengatakan warga sangat berkehendak Gaguk bersedia dicalonkan sebagai kepala desa.

“Sebelumnya Pak Gaguk sudah bertemu dengan perwakilan warga untuk menyampaikan kehendak warga agar bersedia dicalonkan sebagai kepala desa,” ujarnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri ratusan warga desanya tersebut, Gaguk sambil menangis akhirnya menyatakan bersedia maju karena keinginan warganya sambil berisak air mata dirinyapun di peluk warga yang terharu karena Gaguk bersedia maju.

Uniknya tidak hanya warga yang hadir menangis haru, salah satu anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa Kaliasri juga nampak menangis haru melihat betapa besarnya dukungan warga yang meminta Gaguk agar maju untuk kedua kalinya. ( Redaksi)

Sumber : Tribun

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال