Antisipasi Rabies, Hewan Peliharaan Diimbau Tidak Berkeliaran Bebas

 

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pulpis, Ibrahim. Foto/IST

POSINDO.COM, PULANG PISAU- Mencegah penularaan penyakit rabies yang timbul dari gigitan anjing, kucing dan kera yang terinveksi virus rabies (Rhaddovirus) diwilayah pulang pisau, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pulpis, Ibrahim pada Senin (17/04/2023) mengimbau warga untuk menjaga hewan peliharaan, seperti Anjing,Kucing dan Kera untuk tidak berkeliaraan bebas.

“Kita imbau agar hewan peliharaan bisa dijaga dengan baik, misalnya didalam kandang. Kalapun tidak di kandang , bisa diberi rantai dengan Panjang ikatan tali dua meter. Ini penting untuk kita sama-sama menjaga penularan rabies yang belakangan mulai marak,” imbau Ibrahim.

Menurut Ibrahim, pencegahan lain bisa dilakukan yakni dengan memvaksin hewan peliharaan untuk menetralkan virus dalam hewan. Dirinya juga mempersilahkan warga yang memiliki hewan peliharaan untuk bisa menghubungi petugas dokter hewan yang berada di bawah dinas pertanian Pulang Pisau.

“Begitu juga jika ada masyarakat yang digigit hewan seperti anjing , kucing atau kera. Jika ragu-ragu dan khawatir kena rabies segera hubungi petugas dokter hewan,”imbau dirinya. (Sam)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال