Desa Gandang Jaga Kualitas Hidup Lansia Melalui Peran Posyandu Lansia

 

Aktivitas Posyandu Lansia di Desa Gandang Kecamatan Maliku.

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Desa Gandang Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau Sujarno (6/4/2023) mengungkapkan keberadaan Posyandu Lansia memiliki peran penting dalam menjaga kualitas hidup dan memberikan pelayanan khususnya bidang kesehatan bagi masyarakat lanjut usia (Lansia) di desa setempat.

Dikatakan Sujarno,  selain untuk memberikan pelayanan kesehatan yang didukung oleh Puskesmas, pemerintah setempat juga memperkuat peran para kader yang dimiliki untuk  memberikan bimbingan berbagai kegiatan non-medis agar lansia memiliki wadah untuk berkarya dan berkegiatan.

Sujarno mengatakan bahwa pengutan Posyandu Lansia di desanya dalam upaya memberikan dan menyediakan layanan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah hingga pemberian obat secara gratis. Seringkali Posyandu hanya berhubungan atau dikaitkan dengan bayi dan ibu hamil, padahal Posyandu Lansia juga sangat penting.

Menurutnya Posyandu Lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang dekat dengan keseharian warga masyarakat desa setempat dan sebagai upaya dalam menjaga kualitas kesehatan warga Lansia dan sebagai bukti keperdulian dan kehadiran pemerintah desa mengayomi warga yang telah lanjut usia.

Lanjut kata Sujarno, kepengurusan Posyandu Lansia di Desa Gandang Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau selama ini  program-program yang telah dilakukan adalah melakukan penyuluhan dan pencegahan penyakit serta menerapkan serta pola hidup sehat  yang dilakukan secara rutin.

Sujarno menjelaskan Posyandu Lansia di desanya juga mempunyai tujuan tidak lain adalah memberikan semangat komunikasi antar masyarakat usia lanjut meskipun masih terbatas, sehingga dapat memberikan manfaat atas kehadiran  Posyandu Lansia.

Diharapkan, terang Sujarno, para lansia tetap sehat baik secara fisik maupun psikis dan menjadi tempat atau sarana lansia untuk bisa lebih meningkatkan interaksi sosial dengan sesame. Selain itu dapat memperbaiki kondisi psikologis kualitas hidup para lansia yang rentan terhadap resiko penyakit serta membuat lansia menjalani sisa hidupnya dengan selalu semangat, lebih tenang, dan bahagia.

Berdasarkan data lansia yang dimiliki, kata Sujarno, di desa setempat terdapat sekitar 150 lansia yang oleh kader terus dipantau kesehatannya. (Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال