Legislatif Seruyan Imbau Keberadaan PBS Bisa Harga Kearifan Lokal

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Salidin. Foto/IST

POSSINDO.COM, Seruyan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Salidin pada pada kamis (13/04/2023) tadi mengingatkan agar para investor atau PBS-PBS yang masuk di Kabupaten Seruyan untuk menghargadi dan melindungi hak-hak adat masyarakat.

“Jadi memang dalam berinvestasi sebaiknya untuk diperhatikan hak-hak kearifan lokal dan adat istiadat masyarakat lokal. Jangan sampai usaha yang dijalankan justru berbenturan dengan kearifan lokal. Nanti akan berimbas kepada konflik dengan masyarakat,” tutur Politisi Nasdem Seruyan ini.

Dikatakan dirinya, keberadaan PBS bisa saja hidup berdampingan dengan masyarakat jika mau mengalah dengan memahami tentang budaya dan kearifan lokal yang ada. Terutama hak-hak masyarakat adat suku Dayak.

“Ada cukup banyak PBS yang berjalan berdampingan bahkan merangkul tokoh adat sekitar dalam berkegiatan. Sehingga ketika ada hal-hal yang menyangkut masalah kearifan lokal, maka pbs bisa berkoordinasi dengan pihak-pihak yang mengerti akan kearifan lokal tersebut. Tentu itu hal yang positif, baik untuk perusahaan baik untuk masyarakat adat,” tukasnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال